Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Miris, Usaha Pengasapan Ikan Mulai Sekarat

Senin, 19 November 2018 – 09:57 WIB
Miris, Usaha Pengasapan Ikan Mulai Sekarat - JPNN.COM
Sentra pengasapan ikan. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Pernah terkenal dan jadi jujukan wisatawan pada dekade 1980 – 1990an, sentra pengasapan ikan di RW 8, Kelurahan Morokrembangan kini kondisinya makin memprihatinkan.  Nasibnya kembang kempis.

Sisa-sisa kejayaan tempat usaha itu sebenarnya masih terlihat jelas. Ada sebelas cerobong asap yang masih bisa difungsikan. Hanya, pemakaiannya terus menurun. ''Setahu saya, tinggal sebelas pengusaha ikan asap yang masih bertahan. Jumlahnya terus berkurang,'' kata Ketua Kerukunan Nelayan Kelurahan Morokrembangan Sukaeri saat ditemui di rumahnya.

Lelaki yang juga nelayan itu bercerita, sentra pengasapan ikan dibangun pada 1980-an. Dulu terdapat 27 pengusaha ikan asap yang rutin berproduksi di RW 8.

Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah mereka berkurang. Penyebabnya banyak hal. Salah satu di antaranya, berkurangnya tangkapan nelayan. Pencari ikan terjepit dengan gencarnya pembangunan pabrik.

Menurut Sukaeri, tempat pengasapan ikan sebenarnya pernah mendapat perhatian Pemkot Surabaya. Salah satunya, pemberian bantuan pembangunan cerobong asap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   UMKM 
BERITA LAINNYA
X Close