Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mobil-mobil Mewah Pak Bupati Bikin Repot KPK

Minggu, 18 Maret 2018 – 05:24 WIB
Mobil-mobil Mewah Pak Bupati Bikin Repot KPK - JPNN.COM
Salah satu mobil milik Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latif yang dibawa KPK ke Rupbasan Kelas I Banjarmasin, Minggu (11/3) siang. Foto: ZEPY ALAYUBI/RADAR BANJARMASIN

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) direpotkan urusan barang rampasan kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Itu menyusul semakin banyak barang sitaan, terutama kendaraan mewah, yang disita lembaga antirasuah itu. Perawatan itu memerlukan treatment khusus dan biaya yang tidak sedikit.

Hasil sitaan dari kasus dugaan gratifikasi dan TPPU yang menjerat Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif, misalnya, mayoritas merupakan kendaraan mewah.

Yakni, BMW 640i Coupe, Toyota Vellfire ZG 2.5 A/T, Lexus tipe 570 4×4 AT, Hummer H3 jenis jip, Jeep Rubicon model COD dan Jeep Rubicon Brute 3.6 AT.

Bukan hanya itu, ada pula Cadilac Escalade 6.25 L, Hummer H3 jenis jeep, 3 unit Toyota Hiace, Toyota Fortuner, Honda Strada, 8 unit Daihatsu Gran Max, serta 2 unit Toyota Calya warna putih.

Ditambah, BMW Motorrad, Ducati, Husberg, KTM 500 EXT dan empat unit Harley Davidson. Sebagian kendaraan itu dalam perjalanan dari Banjarmasin ke Tanjung Priok Jakarta via jalur laut.

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif mengatakan, besarnya biaya perawatan kendaraan memang menjadi persoalan dalam mengelola barang sitaan.

Pun, nilai harga jual kendaraan bisa anjlok bila tidak dipelihara secara baik dan rutin. Opsi yang bisa dilakukan menyikapi persoalan itu adalah dengan melakukan lelang sebelum putusan berkekuatan hukum tetap.

Hasil sitaan dari kasus dugaan gratifikasi dan TPPU yang menjerat Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif, mayoritas merupakan kendaraan mewah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close