Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Moeldoko Dorong Kalangan Muda Mau Bertani dengan Teknologi

Minggu, 15 Oktober 2017 – 22:38 WIB
Moeldoko Dorong Kalangan Muda Mau Bertani dengan Teknologi - JPNN.COM
Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko (berkemeja) ketika menghadiri Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017 di Taman Menteng, Jakarta, Minggu (15/10). Foto: HKTI for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Moeldoko mengajak kalangan muda untuk mau bertani. Menurutnya, pertanian adalah bidang yang sangat menjanjikan dan menyediakan peluang besar bagi kalangan muda.

Moeldoko mengatakan itu dalam diskusi di sela-sela Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017 di Taman Menteng, Jakarta, Minggu (15/10). Mantan Panglima TNI itu mengatakan, Brazil adalah salah satu negara yang sukses menggarap pertaniannya karena keterlibatan anak muda.

“Waktu saya Pangdam Siliwangi saya menyaksikan agrishow di Brasil. Dilakukan di tengah sawah, yang datang anak-anak muda, nggak ada orang tua,” ujarnya mengenang event yang digelar pada 2010 itu.

Namun, pensiunan tentara asal Kediri, Jawa Timur itu juga menyinggung kunci penting untuk menyukseskan pertanian. Menurut Moeldoko, teknologi menjadi hal penting untuk memajukan pertanian.

Moeldoko menegaskan, teknologi bisa memberi kepastian di bdalam budi daya (on farming) dan komersialisasinya (off farming). “Tidak ada lagi pertanian yang semoga, tapi pertanian yang berkepastian,” tegasnya.

Mantan wakil gubernur Lembaha Ketahanan Nasional (Lemhanas) itu pun mengaku menyediakan teknologi sebagai solusi pertanian padi, yakni benih varietas M70D dan M400. Untuk varietas M70D memiliki keunggulan karena masa tanam hingga panen hanya 70 hari.

Sedangkan varietas M400 memiliki keunggulan dalam jumlah butir padi di setiap tangkainya. Sebabm satu tangkai padi varietas M400 bisa menghasilkan 400 butir gabah atau jauh lebih banyak ketimbang jenis lain yang hanya 270-300 butir.

“Teknologi ini dikawal oleh anak-anak saya,” ujar Moeldoko. “Dengan (hasil, red) sembilan ton per hektar, petani yang saya bina rata-rata bisa menghasilkan Rp 7 juta per bulan,” katanya bangga.

Ketua Umum HKTI Moeldoko menyatakan bahwa pertanian adalah bidang yang sangat menjanjikan dan menyediakan peluang besar bagi kalangan muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   HKTI  Moeldoko  padi  M400  M70D 
BERITA LAINNYA
X Close