Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mohon Pengertiannya, Larangan Mudik Dibuat untuk Kebaikan Bersama

Sabtu, 10 April 2021 – 06:30 WIB
Mohon Pengertiannya, Larangan Mudik Dibuat untuk Kebaikan Bersama - JPNN.COM
Ilustrasi mudik Lebaran. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah resmi melarang mudik lebaran tahun ini. Operasional moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta akan dibatasi sepanjang 6-17 Mei.

Publik diminta bersabar dan memahami bahwa pelarangan mudik untuk kebaikan bersama, yakni mencegah penularan Covid-19.

Anggota DPR Suryadi Jaya Purnama mengatakan esensi dari pelarangan mudik bukan pada perpindahan orang, tetapi penyebaran Covid-19.

Kebijakan pelarangan mudik berlaku untuk semua orang, yakni ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat.

"Keputusan larangan mudik Lebaran ini diambil dengan mempertimbangkan masih tingginya angka penularan virus Corona secara nasional," kata Suryadi di Jakarta.

Menurut Suryadi, semua harus belajar dari momentum-momentum libur panjang sebelumnya yang terbukti berkorelasi dengan peningkatan angka kasus positif Covid-19.

Pada libur Agustus, jumlah kasus meningkat 119 persen, kemudian pada Oktober 95 persen, dan Natal-Tahun Baru kasus Covid-19 naik 78%.

"Pelarangan mudik ini dimaksudkan agar upaya vaksinasi yang sedang dilakukan bisa menghasilkan kondisi kesehatan yang semaksimal mungkin sesuai yang diharapkan, mengingat program vaksinasi baru akan selesai pada tahun 2022," katanya.

Mudik sudah menjadi kebiasaan dan budaya sebagian masyarakat, bukan bagian dari ajaran agama atau ibadah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close