Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mortir Ditemukan di Jalur Kereta Api

Jumat, 07 Februari 2020 – 21:35 WIB
Mortir Ditemukan di Jalur Kereta Api - JPNN.COM
Pekerja membersihkan bangunan di sekitar jalur reaktivasi kereta api di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/Feri Purnama

jpnn.com, GARUT - Kodim 0611/TNI Garut, Jawa Barat, mengamankan sebuah mortir peninggalan zaman perang yang ditemukan pekerja saat menggali tanah di jalur reaktivasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut kawasan Garut Kota.

"Mortir langsung dibawa sementara ke tempat aman di Makodim 0611 Garut sebelum kemudian diserahkan temuan tersebut ke Denpal," kata Komandan Koramil Garut Kota, Lettu Arh Edi Waryanto kepada wartawan, Jumat.

Ia mengatakan, mortir yang sudah berkarat itu berhasil ditemukan oleh dua pekerja yang sedang menggali tanah di jalur reaktivasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut, dan sempat membuat heboh warga setempat.

Mortir itu, kata Edi, diperkirakan sisa dari peperangan pada zaman penjajahan di Indonesia yang terkubur bertahun-tahun hingga akhirnya ditemukan pekerja saat menggali tanah untuk saluran irigasi sekitar pemukiman penduduk.

"Pekerja itu menggali tanah lalu ada gulungan sampah yang menyangkut dan di dalamnya terdapat mortir," katanya.

Ia menyampaikan, dua pekerja galian tanah itu langsung melaporkan temuan mortir itu ke Provost Kodim 0611 Garut yang lokasinya tidak jauh dari kawasan reaktivasi jalur kereta api.

Sejumlah anggota Kodim langsung mengevakuasi mortir ke tempat aman di Markas Kodim 0611 Garut untuk diperiksa lebih lanjut.

Personel dari Kodim, kata Edi, langsung mengamankan lokasi penemuan mortir, sekaligus mengimbau masyarakat dan pekerja agar hati-hati saat menggali tanah di sekitar reaktivasi kereta api.

Mortir peninggalan zaman perang ditemukan pekerja saat menggali tanah di jalur reaktivasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close