Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MPR: Tingkatkan Fasilitas dan Infrastruktur Wilayah Kepulauan

Jumat, 28 Agustus 2020 – 22:50 WIB
MPR: Tingkatkan Fasilitas dan Infrastruktur Wilayah Kepulauan - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, H. Jazilul Fawaid SQ, MA. Foto: Humas MPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jazilul Fawaid mengatakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola kekayaan kelautan dan kepulauan Indonesia mutlak diperlukan. Terutama di wilayah kepulauan, pesisir dan terluar Indonesia yang kaya akan sumber daya, untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat sebagaimana diamanatkan UUD NRI 1945.

Dia menegaskan kalau bicara soal pulau tidak ada yang menandingi Indonesia, termasuk dari sisi jumlahnya. Pun demikian bila bicara keanekaragaman hayati maupun budaya, tidak ada yang mengalahkan Indonesia.

"Cuma kita memang perlu meningkatkan kemampuan SDM pengelolaan kita," kata Jazilul dalam diskusi Empat Pilar MPR "Pengelolaan dan Pemberdayaan Wilayah Kepulauan dan Pesisir" di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (28/8).

Wakil ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan selain kemampuan SDM, juga perlu dilakukan peningkatan fasilitas-fasilitas untuk masyarakat yang ada di wilayah kepulauan, pesisir, dan terluar Indonesia. "Kita perlu meningkatkan kemampuan fasilitas-fasilitas yang ada apakah infrastruktur, tenaga listrik, dan lain-lain, sehingga kepulauan ini menjadi berkah buat kita semua," ungkapnya.

Gus Jazil, panggilan akrabnya menjelaskan perlu ada kebijakan dari pusat sampai daerah yang terukur, terencana, dan terkontrol untuk memajukan daerah kepulauan, pesisir, dan terluar Indonesia.

Selama ini, kata dia, semua patut bersyukur karena ada tahap-tahap kemajuan dalam pengelolaan sumber daya kelautan, dan kepulauan. Namun, tegas Gus Jazil, tu masih jauh dari harapan.

"Kita baru bisa mengolah 20 persen, sedangkan 80 persennya belum, apakah itu potensi wisatanya, dasar lautnya, dan potensi-potensi lainnya," ungkap dia.

Karena itu, Gus Jazil mengajak jangan sampai Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17.500 pulau, termasuk yang terkecil, bahkan terjauh, itu hanya menjadi pusat dari sumber kemiskinan, meskipun pulau-pulau itu mengandung mineral dan sumber daya yang kaya.

MPR meminta pemerintah meningkatkan kualitas SDM dalam mengelola kekayaan sumber daya alam di wilayah kepulauan, pesisir dan terluar Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close