Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Muhadjir Effendy dan Doni Monardo Sempat Kebingungan, Itu Tidak Mungkin

Kamis, 11 Maret 2021 – 06:46 WIB
Muhadjir Effendy dan Doni Monardo Sempat Kebingungan, Itu Tidak Mungkin - JPNN.COM
Muhadjir Effendy menjelaskan soal pemangkasan cuti bersama 2021. Ilustrasi Foto: Ricardo/dokumentasi JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku dirinya dan Kepala BNPB Doni Monardo kesulitan menghadapi bencana nonalam pandemi Covid-19.

Muhadjir kebingungan mencari rujukan undang-undang untuk menangani bencana tersebut. Apalagi BNPB juga belum pernah menanganinya secara tersistem.

"Saya sebagai ketua pengarah bersama Pak Doni sampai bingung mencari rujukan undang-undangnya," ujarnya dalam Rakornas BNPB, Rabu (10/3).

Selama ini, sambung Muhadjir, undang-undang kebencanaan tidak secara eksplisit menggambarkan bencana seperti pandemi Covid-19.

Akhirnya dia mencoba menggandengkan dengan undang-undang kekarantinaan dan kesehatan.

"Di situ lebih banyak berkaitan dengan penularan penyakit yang berasal dari hewan. Karena itu di sana ada namanya karantina pintu masuk, kalau ada binatang dari luar membawa penyakit menular maka harus dikarantina," kata dia.

Dalam undang-undang karantina juga menyebut secara klausul bahwa orang dan binatang di wilayah karantina kehidupan sehari-harinya ditanggung negara.

Mantan Mendikbud itu pun berkesimpulan bahwa mengaitkan undang-undang kesehatan dan kekarantinaan yang ada saat ini tidak ada kesinambungan dengan bencana pandemi Covid-19.

Muhadjir Effendy mengaku dirinya dan Doni Monardo sempat kesulitan dan kebingungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close