Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Muhadjir Effendy Pernah Mendatangi Orang yang Mengancamnya, Lantas Duel

Sabtu, 09 November 2019 – 06:03 WIB
Muhadjir Effendy Pernah Mendatangi Orang yang Mengancamnya, Lantas Duel - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy dan istri dalam media gathering di Malang. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy cerita tentang perjalanan kariernya sebagai akademisi.

Di acara media gathering di Convention Center Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Muhadjir menyatakan bahwa separuh hidupnya diabadikan untuk perguruan tinggi tersebut.

"Kalau ada yang bangga umur 35 tahun sudah jadi pejabat, saya justru menganggap biasa. Karena saya jadi Wakil Rektor III UMN umur 27 tahun. Jadi jelek-jelek begini, saya sudah jadi pejabat usia 27 tahun," kata Muhadjir yang disambut tepuk tangan para wartawan, Jumat (8/11) malam.

Diceritakannya, saat menjadi warek III, banyak yang meragukan kemampuannya. Gelombang protes pun menguat, bahkan ada yang sempat mengancam Muhadjir.

"Waktu itu, orang yang ngancam dan bilang, kalau Muhadjir jadi warek, isi perutnya akan keluar semua. Saya datangi tempat kosnya dan ajak duel. Karena saya tahu kalau dikeroyok saya pasti kalah makanya saya tantang satu lawan satu. Saya menang, dan besoknya orang itu yang berdiri paling depan membela saya," kenang Muhadjir yang menguasai ilmu silat dari Perguruan Tapak Suci.

Setelah menjadi warek III selama 12 tahun, Muhadjir diangkat jadi warek II. Posisi ini dia duduki selama 4 tahun sampai kemudian diangkat jadi rektor UMM selama 16 tahun.

"Selama 32 tahun saya di UMM, dari saat UMM masih kecil dengan jumlah mahasiswa 800 orang kini puluhan ribu dan 12 tahun ini selalu menjadi perguruan tinggi terbaik se Jawa Timur," terangnya.

Muhadjir punya kenangan unik saat memimpin UMM. Yakni saat menghadapi massa mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa. Muhadjir yang tampil meredam emosi mahasiawa.

Menko PMK Muhadjir Effendy cerita tentang perjalanan kariernya di kampus Universitas Muhammadiyah Malang alias UMM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close