Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mulyanto Minta Pertambangan Nikel Diatur Ketat, Jangan Sampai Ini Terjadi

Rabu, 03 Maret 2021 – 13:04 WIB
Mulyanto Minta Pertambangan Nikel Diatur Ketat, Jangan Sampai Ini Terjadi - JPNN.COM
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Mulyanto meminta pemerintah mengatur pertambangan nikel dengan ketat. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Potensi pertambangan nikel di Indonesia dinilai cukup besar dan mampu menyejahterakan rakyat, sehingga harus diatur dengan ketat.

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto meminta pemerintah membuat perencanaan dan aturan yang ketat terkait pengelolaan nikel ini.

"Jangan sampai sumber daya alam yang dimiliki ini habis dieksploitasi tapi tidak memberi manfaat bagi kemakmuran rakyat banyak," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (3/3).

Pemerintah, ujar dia, harus menjamin bahwa booming nikel ini agar mendatangkan kesejahteraan bagi rakyat. Janhan sampai hanya menyejahterakan segelintir pengusaha smelter.

"Apalagi jika malah mendatangkan kerusakan lingkungan" ujar Mulyanto.

Untuk itu, Dia menginginkan agar pemerintah dapat mengelola penambangan dan pengolahan nikel, sehingga semakin efisien dan ramah lingkungan.

"Termasuk dalam aspek pembuangan limbah nikel ke laut," ungkap dia.

Mengutip data Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), lanjut Mulyanto, pada 2019 tercatat Indonesia rupanya negara produsen dan penyumbang kebutuhan nikel terbesar dunia.

Potensi pertambangan nikel harus dioptimalkan, namun diatur dengan ketat. Hal ini dikemukakan oleh Legislator PKS. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close