Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Muncul Klaster Covid-19, Rizieq Shihab Diminta tak Gelar Acara yang Mengumpulkan Banyak Orang lagi

Selasa, 24 November 2020 – 06:17 WIB
Muncul Klaster Covid-19, Rizieq Shihab Diminta tak Gelar Acara yang Mengumpulkan Banyak Orang lagi - JPNN.COM
Habib Rizieq Shihab (sebelah kanan) saat bertemu Ustaz Abdul Somad. Foto: dok tim hukum FPI

jpnn.com, JAKARTA - Warga yang mengikuti sejumlah acara yang digelar Rizieq Shihab banyak terkonfirmasi positif Covid-19. Karena itu, anggota DPR Rahmad Handoyo meminta agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Dia berharap acara-acara yang mengumpulkan banyak orang seperti yang dilakukan Rizieq itu menjadi pelajaran bahwa Covid-19 bisa menyerang siapapun.

"Ini menjadi pelajaran mahal buat kepada siapapun yang meremehkan dan abai terhadap protokol kesehatan dengan tetap mengadakan kegiatan yang berkerumunan masa," ujar Rahmat di Jakarta.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga mengimbau kepada siapa saja yang menghadiri acara Rizieq Shihab bila merasakan gejala Covid-19, segera memeriksa diri ke rumah sakit.

Orang tanpa gejala sangat berbahaya karena tidak merasakan sakit, tetapi bisa menularkan ke orang lain.

Satuan Tugas Covid-19 mengonfirmasi sebanyak 77 orang yang sempat menghadiri acara Rizieq Shihab positif Covid-19. Mereka ada yang menyambut kedatangan Rizieq di Bandara Soekarno Hatta dan Petamburan serta maulid Nabi di Tebet dan Megamendung, Bogor.

"Dari ditemukanya klaster ini membutktikan bahwa Covid-19 masih sangat berbahaya buat siapapun. Hanya satu cara yang efektif perang lawan Covid-19 ikuti protokol kesehatan dengan wajib 3M," tegas Rahmad.

Sementara itu, Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan setiap kerumunan rentan terjadi penularan Covid-19.

Rizieq Shihab juga diimbau jangan membuat acara karena semua kegiatan yang berhubungan dengannya sudah menimbulkan klaster covid-19 baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close