Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Musim Pandemi, Warkop Digital Mengakselerasi Ekonomi Desa

Kamis, 11 Februari 2021 – 16:26 WIB
Musim Pandemi, Warkop Digital Mengakselerasi Ekonomi Desa - JPNN.COM
Acara pembukaan Warkop Digital di Desa Lais, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, BENGKULU - Berbagai cara dilakukan banyak orang saat pandemi covid-19 terjadi, salah satunya menciptakan warung kopi digital yang mampu menjadi wadah edukasi sekaligus promosi produk unggulan daerah. Selain bisa menyuguhkan kopi, Warkop Digital ini juga berfungsi sebagai pusat pelatihan wira usaha.

Siapa sangka warung yang awalnya hanya biasa saja, disulap layaknya warung penuh informasi dan edukasi dan pengelola warung difasilitasi internet dan layar televisi yang membuat pengunjung atau konsumen yang datang bisa mengakses semua yang dibutuhkan, termasuk bisa membayar listrik dan membeli pulsa hingga belajar daring.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat pembukaan Warkop Digital perdana ini langsung membuka dan meresmikan Warkop Digital milik salah seorang warga desa Lais Kabupaten Bengkulu Utara yang bekerjasama dengan Bencoolen Coffee memberikan modal pelatihan kepada warga desa Lais.

Menurut Rohidin Mersyah inovasi terus dilakukan agar perekonomian terus berjalan meski ditengah pandemi covid-19, dengan adanya Warkop Digital ini nantinya bisa bersinergi dengan pemerintah agar Warkop Digital ini bisa cepat berkembang pesat dan mampu membawa kopi Bengkulu bisa dikenal luas.

"Saya mengapresiasi sekali program warung digital yang pertama kali dibuka di Bengkulu, kita akan mendukung program ini agar 1.341 desa yang ada di Bengkulu bisa terkoneksi satu sama lain, bayangkan berapa banyak terserap kopi Bengkulu bila Warkop Digital ini bisa dibuka di semua provinsi dan Indonesia," kata Rohidin saat menghadiri pembukaan Warkop Digital (10/02).

Rohidin mengatakan program Warkop Digital ini selaras dengan program Presiden Jokowi yang mencetuskan Desa Wisata (DEWI) dan Desa Digital (DEDI), karena program tersebut berbasis internet, sekaligus Warkop Digital ini mengunggulkan produk kopi Bengkulu karena Bengkulu merupakan penghasil kopi terbesar ketiga di nusantara.

"Warkop ini luar biasa, warga di desa bisa mengakses internet sambil ngopi dan juga menjadi pusat pelatihan secara daring karena warkop ini dibekali dengan fasilitas layar zoom dengan menggunakan layar televisi," jelas Rohidin.

Rohidin mengucapkan terima kasih kepada Bencoolen Coffee yang telah menjadi pencetus program Warkop Digital di Bengkulu dan akan mendukung program ini agar bisa mendapat support dari berbagai kalangan seperti halnya pihak provider dan perbankan dalam hal pembiayaan.

Selain bisa pesan kopi Warkop Digital ini juga mampu menjadi pusat pelatihan wira usaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close