Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nadiem Makarim Ingin Lulusan SMK jadi Rebutan Pelaku Industri

Rabu, 17 Maret 2021 – 18:13 WIB
Nadiem Makarim Ingin Lulusan SMK jadi Rebutan Pelaku Industri - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim saat peluncuran Merdeka Belajar episode kedelapan secara daring. Foto Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Merdeka Belajar episode kedelapan: SMK pusat keunggulan.

Program ini merupakan perwujudan visi Presiden Joko Widodo terkait pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, program tersebut merupakan terobosan komprehensif untuk pembenahan kondisi SMK agar sejalan dengan kebutuhan dunia kerja.

"Program SMK pusat keunggulan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha," kata Nadiem Makarim dalam peluncuran virtual, Rabu (17/3).

SMK pusat keunggulan 2021, lanjutnya, diprioritaskan untuk 895 SMK dengan tujuh sektor prioritas. Di antaranya ekonomi kreatif, permesinan dan konstruksi, hospitality, care services, maritim, pertanian, dan kerja sama luar negeri.

Dia berharap ini bisa menjadi benih tranformasi SMK seluruh Indonesia. Dengan demikian SMK yang berpartisipasi bisa menjadi pelatih dan mentor yang mampu menunjukkan karya serta inovasi lulusan SMK.

"Saya ingin lulusan SMK diperebutkan pelaku industri maupun universitas terbaik kita,” imbuh Mendikbud.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kemendikbud, Wikan Sakarinto menambahkan, program ini tidak hanya menekankan konteks keunggulan untuk satuan pendidikan itu sendiri. Maknanya adalah menciptakan SDM unggul yang mengakselerasi SMK lain untuk turut menjadi unggul.

Mendikbud Nadiem Makarim menginginkan para lulusan diperebutkan pelaku industri dan universitas terbaik di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close