Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Nadiem Targetkan Jabatan Penting Kemendikbud Diisi Alumni Guru Penggerak

Kamis, 08 April 2021 – 11:49 WIB
Nadiem Targetkan Jabatan Penting Kemendikbud Diisi Alumni Guru Penggerak - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan harapan besarnya terhadap lulusan program guru penggerak. Dia menargetkan para pemimpin pendidikan misalnya wakil kepala sekolah, kepala sekolah, kepala dinas atau kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) berasal dari lulusan guru penggerak. 

"Saya ingin guru penggerak menjadi kriteria pemimpin pendidikan. Bahkan, sampai menjadi pemimpin-pemimpin di dalam Kemendikbud,” ujar Mendikbud saat kunjungan kerja di Balikpapan, Rabu (7/4).

Dia menekankan, guru penggerak bukan program yang sekadar berisi pelatihan atau bimbingan teknis (bimtek) tetapi program untuk mencetak calon-calon pemimpin pendidikan di Indonesia.

“Harapan besar saya, setelah sembilan bulan program pendidikan guru penggerak, para guru bisa mendukung dinas pendidikan dalam memformulasikan kebijakan-kebijakan," ucapnya 

Menurut dia, para calon guru penggerak sudah terbukti punya pemahaman dan batin yang berpihak kepada murid. Itu sebabnya, seleksi menjadi guru penggerak pun tidak mudah.

Beberapa proses seperti tes skolastik, wawancara, hingga membuat esai harus dilalui para calon guru lenggerak. 

"Ketatnya seleksi calon guru penggerak itu serupa dengan seleksi guru CPNS karena ini calon-calon pemimpin pendidikan masa depan. Makanya sangat selektif," imbuhnya. (esy/jpnn)