Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nadiem: Topi Guru Penggerak Lebih Penting dari Topi Menteri Saya

Kamis, 08 April 2021 – 05:15 WIB
Nadiem: Topi Guru Penggerak Lebih Penting dari Topi Menteri Saya - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim memberikan keterangan kepada wartawan di halaman SDN Nomor 25 Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Rabu (7/4/2021). (ANTARA/M. Ghofar)

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makariem memberikan pujian untuk Guru Penggerak.

Dia menegaskan bahwa peran Guru Penggerak sangat penting dalam upaya memajukan dunia pendidikan.

Nadiem Makarim lantas mengibaratkan topi Guru Penggerak lebih penting ketimbang topi Mendikbud.

"Topi Guru Penggerak lebih penting daripada topi menteri saya, karena dari kepala Guru Penggerak yang penuh inovasi, setiap kesulitan dalam pembelajaran justru menjadi tantangan yang harus dicarikan solusi," kata Nadiem di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (7/4).

Pernyataan ini disampaikan Nadiem karena Guru Penggerak adalah guru yang melihat permasalahan merupakan tantangan yang harus dicarikan solusi, yakni melalui kreativitas dan berpikir merdeka untuk menjadi yang lebih baik.

Selain itu, katanya, Guru Penggerak selalu berpikir bahwa setiap anak memiliki potensi yang berbeda, sehingga guru akan berkreasi untuk mengembangkan potensi anak-anak didiknya.

Nadiem menambahkan Guru Penggerak juga mau membagi ilmu, dan berani tampil di depan guru lain baik secara langsung dalam bentuk mendampingi, maupun melalui saluran media sosial. Menurutnya, segi kemampuan tersebut dapat ditiru oleh guru lain.

"Guru Penggerak tidak akan putus asa dengan guru-guru lain yang mungkin agak lambat melakukan perubahan, sehingga Guru Penggerak justru akan melakukan pendekatan untuk perlahan mengubah paradigma bagi guru lainnya untuk bersama melakukan perubahan," katanya.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan peran Guru Penggerak sangat penting dalam upaya memajukan dunia pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close