Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Naik 23 Persen, Dana Otsus Harus Diusut

Minggu, 30 Oktober 2011 – 15:56 WIB
Naik 23 Persen, Dana Otsus Harus Diusut - JPNN.COM
JAKARTA -- Alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua dan Papua Barat di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(RAPBN) 2012 naik 23 persen dibanding 2011. Hal itu tercantum dalam penjelasan atas RAPBN 2012 yang telah disetujui di Sidang Paripurna DPR, Jumat (28/10).

Tahun depan pemerintah mengucurkan  dana Otsus  Rp3,83 triliun untuk Papua, dan Rp1,64 triliun untuk Papua Barat. "Namun, kucuran dana triliunan tersebut ternyata sampai detik ini belum memberikan efek yang siginfikan terhadap kesejahteraan masyarakat Papua. Begitu pun dengan kondisi pendidikan dan kesehatan masyarakatnya," kata Anggota DPR RI Fraksi PKS, Aboebakar Alhabsy, Minggu (30/10), di Jakarta.

"Masyarakat Papua tetap bergelimang kemiskinan, kesulitan akses kesehatan dan rendahnya layanan pendidikan di wilayah Papua," sambung anggota Komisi III DPR  itu.

Dia menegaskan, seharusnya ini dijadikan bahan evaluasi oleh pemerintah. Karena bisa jadi, menurut Aboe, ada permasalahan yang mendasar terkait dengan kondisi ini. "Besarnya kucuran dana kepada Papua dan Papua Barat tidak sebanding dengan kondisi masyarakatnya," tegas Aboe.

JAKARTA -- Alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua dan Papua Barat di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(RAPBN) 2012 naik 23 persen dibanding

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA