Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Naik Helikopter BNPB, Letjen TNI Suharyanto Pantau Penanganan Karhutla di Kalbar

Rabu, 20 September 2023 – 17:40 WIB
Naik Helikopter BNPB, Letjen TNI Suharyanto Pantau Penanganan Karhutla di Kalbar - JPNN.COM
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M (rompi hijau dan topi hitam) menuju helikopter dengan kode PK-KAY untuk melakukan patroli udara guna melihat kondisi penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Barat, Rabu (20/9/2023). (Antara/HO-BNPB)

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Suharyanto melakukan monitoring penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat, Rabu (20/9). Letjen TNI Suharyanto berpatroli dari udara menggunakan helikopter.

Suharyanto didampingi perwakilan unsur musyawarah pimpinan daerah Provinsi Kalbar meninjau wilayah yang sempat terdampak karhutla saat berada di helikopter BNPB.

Jenderal bintang tiga itu memastikan hingga saat ini tidak terdeteksi adanya titik panas di Kalbar dan temuan asap tipis terpantau dari hasil pembakaran sampah warga setempat.

Selama tiga hari sebelumnya wilayah Kalbar diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Kondisi tersebut sangat membantu dalam pemadaman karhutla.

“Cuaca hujan sangat membantu untuk memadamkan dan mengurangi titik panas,” ujar Suharyanto dalam keterangannya disiarkan di Jakarta.

Meskipun tidak teridentifikasi titik asap, Suharyanto tetap menekankan pada upaya kewaspadaan dan pencegahan semua pihak.

Pada Agustus lalu, titik panas terpantau hingga ribuan, dan petugas Satuan Tugas (Satgas) Darat dan Udara berjibaku untuk memadamkan titik api maupun asap di wilayah.

Sehari sebelum kepala BNPB melakukan patroli, hujan intensitas ringan pun mengguyur Kota Pontianak dan sekitarnya. Meskipun tidak berlangsung lama, hujan tersebut menjaga kualitas udara wilayah kota terus pada kondisi baik.

Letjen TNI Suharyanto memantau penanganan karhutla di Kalbar. Dia menaiki helikopter BNPB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close