Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nama Ganjar Disebut dalam Buku Agama, Ketum Seknas Jokowi Jateng Endus Aroma Politik

Selasa, 09 Februari 2021 – 17:44 WIB
Nama Ganjar Disebut dalam Buku Agama, Ketum Seknas Jokowi Jateng Endus Aroma Politik - JPNN.COM
Ketua Umum Seknas Jokowi Jawa Tengah, Bambang Mugiarto. Foto: source for JPNN

jpnn.com, SEMARANG - Beredar soal ujian di buku pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terbitan PT Tiga Serangkai tahun 2020 yang diduga dikaitkan dan mendiskreditkan nama Gubernur Ganjar Pranowo.

Disebutkan, dalam soal buku itu, Ganjar tidak pernah bersyukur. Setiap Iduladha, Ganjar tidak pernah berkorban dan tidak pernah salat.

Ketua Umum Seknas Jokowi Jawa Tengah, Bambang Mugiarto meminta Penerbit Tiga Serangkai bertanggung jawab atas konten miring tersebut.

Pasalnya, ada potensi keresahan di dalam masyarakat akibat beredarnya konten tersebut.

“Ini berbahaya. Saya mencium ada nuansa politik praktis dalam materi buku. Mengarah pada doktrin politik kepada peserta didik. Meskipun tidak secara ekspilisit menyebut nama Ganjar Pranowo, tetapi soal seperti ini berpotensi menggiring tafsir kepada siswa bahwa nama Ganjar identik dengan Gubernur Jawa Tengah," tegas Bambang.

Menurutnya, ada potensi keresahan di masyarakat akibat beredarnya konten soal tersebut. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya, pihak kepolisian juga diharapkan peran aktifnya dengan memanggil penerbit, agar ada klarifikasi.

“Supaya jelas dan diketahui apa maksud dari konten soal yang menyebut nama "Ganjar" itu”. Ini masalah serius. Karena soal-soal seperti ini membahayakan pikiran anak didik.

Seharusnya, kata dia, penerbit Tiga Serangkai belajar dari kasus sebelumnya yang diprotes publik akibat konten di buku yang pernah diterbitkan dan mengundang kontroversi.

Ikatan Penerbit Indonesia diminta bertindak melihat isi konten buku yang menimbulkan keresahan karena menyebut nama Ganjar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close