Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seknas Jokowi Beri Masukan RPJP untuk Indonesia Emas 2045

Senin, 19 Desember 2022 – 11:23 WIB
Seknas Jokowi Beri Masukan RPJP untuk Indonesia Emas 2045 - JPNN.COM
Ketua Umum Seknas Jokowi Rambun Tjajo pihaknya memiliki konsep Agenda 45 sebagai wujud partisipasi bagi pembangunan bangsa. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Seknas Jokowi sebagai organisasi masyarakat sipil, ingin mengambil inisitiasif dalam memberi masukan bagi Rencana Pembangunan Jangka Panjang RPJP menyongsong Tahun Emas Indonesia (2045)

Ketua Umum Seknas Jokowi Rambun Tjajo pihaknya memiliki konsep Agenda 45 sebagai wujud partisipasi bagi pembangunan bangsa.

"RPJP 2025-2045 bermakna strategis, mengingat akan menjadi panduan pembangunan menuju Tahun Emas RI (2045)," ujar Rambun, di Jakarta, Senin (19/12).

Rambun menjelaskan ada lima pilar atau sektor yang dibahas, yakni energi, pangan, kebudayaan, geopolitik, good governance.

"Mengingat Seknas tidak mungkin membahas semua isu, berdasarkan sumber daya Seknas sendiri. Dari lima isu tersebut, Seknas masih memberi perhatian khusus pada isu pangan dan energi, karena dua sektor ini sangat berpengaruh dalam peradaban," beber Rambun.

Menurutnya, lima isu tersebut saling berkaitan, yang muaranya ada pada kebudayaan. Pada isu pangan misalnya, menjadi problem ketika ada krisis bahan pangan, terkait dengan kebiasaan masyarakat yang mulai tergantung pada beras dan mie instan sebagai sumber karbohidrat.

"Itu sebabnya perlu ada edukasi agar masyarakat berani kembali pada tradisi memanfaatkan sumberdaya pangan local, seperti sagu, umbi-umbian dan sorgum," katanya.

Begitu juga dalam isu energi, lanjut Rambun, bebagai negara tropis Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah, salah satunya adalah sinar matahari.

Seknas Jokowi sebagai organisasi masyarakat sipil, ingin mengambil inisitiasif dalam memberi masukan bagi Rencana Pembangunan Jangka Panjang RPJP 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close