Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasi Kuning, Angklung dan Tarian Papua Meriahkan HUT RI ke-70 di Melbourne

Senin, 17 Agustus 2015 – 14:23 WIB
Nasi Kuning, Angklung dan Tarian Papua Meriahkan HUT RI ke-70 di Melbourne - JPNN.COM

Usai upacara pengibaran bendera di Melbourne, peringatan kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan sejumlah hiburan yang digelar di kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). Tidak hanya bagi warga Indonesia, HUT RI kali ini pun dirayakan bersama warga dan pelajar lokal.

Suasana memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di KJRI Melbourne tampak berbeda. Usai upacara peringatan detik-detik proklamasi digelar di halaman luar KJRI,para peserta upacara masuk ke dalam kantor KJRI.

Kebanyakan dari para peserta upacara adalah para pelajar dari beberapa sekolah yang berada di Melbourne dan kawasan Victoria. Diantara para peserta upacara juga adalah anggota militer Australia, terutama dair Angkatan Udara, yang sedang belajar bahasa Indonesia.

Memperingati 70 tahun kemerdekaan, makanan yang disediakan oleh KJRI adalah nasi kuning, lengkap dengan ayam goreng, perkedel, telur, dan tempe kering.

"Ada yang pernah mencoba nasi kuning?" tanya Ibu Dewi Wahab, Konsulat Jenderal RI di Melbourne. "Nasi kuning dan nasi tumpeng adalah makanan khas yang disajikan pada acara-acara spesial, seperti hari ini."

Para pelajar nampak lahap menikmati nasi kuning yang sengaja disajikan tanpa sambal, karena kebanyakan warga Australia tidak terbiasa mengkonsumsi pedas.

Usai makan nasi kuning bersama, mereka diajak untuk belajar bermain angklung.

Tiap-tiap orang diberi sebuah angklung, kemudian mereka diberi tahu cara untuk menggetarkannya, dan membunyikan sesuai nomor atau nadanya.

Usai upacara pengibaran bendera di Melbourne, peringatan kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan sejumlah hiburan yang digelar di kantor Konsulat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA