Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasib Hiburan Malam di Bulan Ramadan

Rabu, 21 Juli 2010 – 10:53 WIB
Nasib Hiburan Malam di Bulan Ramadan - JPNN.COM
Foto: Net/IST
RUTIN setiap tahun, menjelang dan sepanjang bulan Ramadan, usaha hiburan malam menjadi sorotan. Selalu diwarnai sweeping oleh ormas militan. Ada kekecewaan sekian banyak tenaga kerja di sektor hiburan, terlebih menjelang lebaran. Kecewa karena uang tips yang jadi andalan bakal merosot, sedang untuk sekadar membeli sejumput cabe saat ini perlu puluhan ribu.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, sudah mewanti-wanti agar penguasaha hiburan malam tidak membandel. Bila nekad 'menodai bulan suci umat Islam', maka akan dicabut izinnya. Ancaman-ancaman serupa bakal bergiliran datang dari pemda-pemda, sepanjang hari-hari mendatang, hingga akhir Ramadan.

"Mestinya tak perlu dengan kebijakan-kebijakan represif. Yang penting adalah membangun penyadaran, karena mendisiplinkan masalah keagamaan yang dibutuhkan adalah proses penyadaran, bukan dengan regulasi yang mengancam," begitu sosiolog dari UGM, Yogyakarta, Arie Sudjito.

Namun Arie membenarkan langkah Pemprov DKI yang mengeluarkan kebijakan itu, hanya saja pendekatannya yang mesti diganti, lantaran memang persoalan rutin ini menjadi kewenangan daerah. Tak perlu pusat yang mengurusinya, karena daerah yang tahu persis kondisi masing-masing. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman menyebut, ada sekitar 1. 300 tempat hiburan yang berada di lima wilayah DKI Jakarta.

RUTIN setiap tahun, menjelang dan sepanjang bulan Ramadan, usaha hiburan malam menjadi sorotan. Selalu diwarnai sweeping oleh ormas militan. Ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close