Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasib PPPK Hasil Seleksi Tahap I Belum Jelas, Muncul Wacana Baru Lagi

Selasa, 05 November 2019 – 15:24 WIB
Nasib PPPK Hasil Seleksi Tahap I Belum Jelas, Muncul Wacana Baru Lagi - JPNN.COM
Guru mengajar di kelas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wacana guru PNS yang akan pensiun diangkat menjadi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) membuat honorer K2 risau.

Wacana yang sempat dilontarkan Muhadjir Effendy saat menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu, kembali muncul setelah Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan solusi mengatasi kekurangan guru.

"Ini bagaimana ya pemerintah mau angkat honorer K2 jadi PPPK, katanya enggak ada aturan dan dananya. Lah ini berbuat seenaknya juga akan angkat guru PNS yang mau pensiun jadi PPPK. Pusing kami dibuatnya karena terus dipermainkan," kata Ketum Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih kepada JPNN.com, Selasa (5/11).

Dengan menjadikan guru PNS yang akan yang pensiun sebagai PPPK, lanjutnya, berarti honorer dianggap tidak berkualitas. Sebaliknya yang sudah usia 60 tahun lebih dianggap lebih berkualitas.

"Terus ke mana saja selama ini pemerintah mau pakai terus tenaga honorer tetapi haknya tidak diberikan. PPPK tahap satu saja terkatung-katung karena alasan tidak ada aturan dan minim anggaran. Ini sudah buat rencana baru lagi," ketusnya.

Senada itu Koordinator Wilayah PHK2I Jawa Timur Eko Mardiono, yang mengatakan seharusnya pemerintah selesaikan dulu masalah honorer K2 ini. Eko malah minta agar mereka diangkat sebagai PNS karena sudah terbukti jam terbangnya dalam bekerja.

"Ini kok malah memunculkan lagi wacana mengangkat guru yang pensiun. Lah jadi bingung ini mengatasinya. Honorer K2 tidak kunjung diselesaikan, malah ada tes CPNS," ujarnya heran. (esy/jpnn)

Nasib PPPK hasil seleksi tahap I hingga saat ini belum jelas, sudah muncul lagi wacana mengangkat guru PNS jelang pensiun menjadi PPP.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close