Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Negara ASEAN Diusulkan Bisa Berbagi Kuota Haji

Selasa, 23 Agustus 2016 – 16:51 WIB
Negara ASEAN Diusulkan Bisa Berbagi Kuota Haji - JPNN.COM
Jemaah haji. Foto: Jambi Independent

jpnn.com - JAKARTA --  Inspektur Jenderal Kementerian Agama M Jasin mengusulkan agar Kementerian Luar Negeri melakukan kerja sama dengan negara di ASEAN untuk pemanfaatan kuota ibadah haji. Jasin mencontohkan bisa saja di forum negara Asia Tenggara disampaikan soal keperluan kuota haji.

 "Jadi, negara-negara yang punya sisa kuota banyak, itu bisa dipakai negara mitranya," kata Jasin di kantor KPK, Selasa (23/8). 

Ia mencontohkan misalnya ketika Filipina memiliki kelebihan kuota, maka bisa diberikan kepada negara lain seperti Indonesia. "Misalnya Filipina sisa berapa ribu, diserahkan kepada Indonesia," ujar mantan pimpinan KPK ini.

Menurut Jasin, apabila penggunaan sisa kuota haji secara resmi dilakukan, maka akan ada pendapatan untuk negara yang kuotanya digunakan oleh Indonesia. Apalagi, sisa kuota negara tetangga, seperti Filipina dan Thailand mencapai ribuan.

"Kalau ada kerjasama kan mungkin ada pemasukan ke Filipina, kalau resmi loh ya," katanya. 

Soal mekanismenya, kata Jasin, itu bisa saja nanti Kemenlu bersama Kemenag melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan negara-negara yang dimaksud. "Kemenlu bisa menggiring ke situ," ungkap Jasin.

Memang, kata dia, sejauh ini mekanismenya belum digodok. Sebab, ini baru sekadar pemikiran untuk memperbaiki masalah kekurangan kuota haji. Terlebih untuk menghindari persoalan hukum, seperti yang tengah terjadi terhadap 177 warga Indonesia saat ini.

"Ini kan pemikiran saja," kata Jasin. (boy/jpnn)

JAKARTA --  Inspektur Jenderal Kementerian Agama M Jasin mengusulkan agar Kementerian Luar Negeri melakukan kerja sama dengan negara di ASEAN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close