Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nelayan Diterjang Puting Beliung, 1 Hilang, 3 Selamat

Senin, 13 November 2017 – 03:15 WIB
Nelayan Diterjang Puting Beliung, 1 Hilang, 3 Selamat - JPNN.COM
Ilustrasi angin puting beliung. Foto: dok jpnn

jpnn.com, BABEL - Empat nelayan di perairan laut Tanjung Pala Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Babel, diterjang angin puting beliung, Minggu (12/11) pagi.

Akibat peristiwa itu satu dari empat nelayan hilang dan belum ditemukan, sedangkan tiga nelayan selamat dan dalam kondisi shock akibat musibah tersebut.

Para nelayan ini mengalami cuaca buruk saat melaut sekitar pukul 05.30 WIB di perairan laut Tanjung Pala Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Paran nelayan asal Pantai Batu Dinding Belinyu ini tenggelam kapalnya setelah sempat pecah akibat dihajar angin puting beliung.

Sebelumnya keempat nelayan pencari ikan dan cumi berangkat sejak hari Senin (6/11) lalu sekitar pukul 09.00 WIB menuju di sekitar perairan Tanjung Pala. Lalu pada hari Sabtu (11/11) sekitar pukul 20.00 WIB nelayan yang menggunakan kapal KM. Rizki akan kembali ke pelabuhan nelayan Batu Dinding Kecamatan Belinyu.

Akan tetapi kondisi laut gelombang tinggi dan dari nahkoda kapal untuk lego jangkar, menunggu gelombang reda. Setelah itu, pada hari Minggu (12/11) terjadi lah cuaca yang semakin memburuk tepatnya sekitar pukul 05.30 WIB pada saat para nelayan mengangkat jangkar.

Terjadi angin puting beliung yang mengenai KM. Rizki Wahyu sehingga mengakibatkan kapal terbalik dan tenggelam. Ke 4 orang nelayan kapal KM. Rizki Wahyu menyelamatkan diri dengan cara mengapung menggunakan tutup fiber dan gabus yang berada di buritan kapal.

Lalu sekitar pukul 05.10 WIB, ABK KM. Rizki Wahyu ditolong oleh sesama nelayan yang berada di sekitar lokasi kejadian dan dibawa kembali ke pelabuhan nelayan Batu Dinding Kecamatan Belinyu.

”Sekitar pukul 08.15 WIB, tiga ABK KM. Rizki Wahyu tiba di pelabuhan nelayan Batu Dinding Kecamatan Belinyu. Korban selamat KM. Rizki Wahyu dengan bobot berat 4GT berbendera Indonesia ini adalah Toha (55), Doni (36), dan Rizal (21). Korban hilang BERNAMA Bagas umur 17 tahun," kata Ketua HNSI Kabupaten Bangka Ridwan membenarkan kejadian ini, kemarin.

Empat nelayan di perairan laut Tanjung Pala Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Babel, diterjang angin puting beliung, Minggu (12/11) pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close