Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Neom Uceng

Oleh: Dahlan Iskan

Senin, 13 Maret 2023 – 07:07 WIB
Neom Uceng - JPNN.COM
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - "Lain kali harus membawa mobil sendiri," ujar seorang staf Neom menasihati saya. Saya iyakan saja. Untuk apa berbaku kata.

Cukuplah pelajaran mahal ini untuk diri saya sendiri. Saya bukan tidak lihat Google. Justru saya berpatokan padanya. Namun Sharma, yang tertulis sebagai kota, ternyata bukan kota. Hanya beberapa hotel tempat menyepi di pantai.

Jalan dari Tabuk ke Sharma diperlihatkan dengan garis kuning tipis. Seperti jalan kampung. Nyatanya sudah jalan baru yang lebar, dua jalur dan mulus. Mengalahkan jalan besar yang di map digambarkan dengan garis tebal.

Ya sudah. Yang penting jangan sampai Anda buru-buru ke Neom City. Ini proyek terbesar di jagat raya yang baru dimulai. Tiga tahun lagi pun belum banyak yang bisa dilihat.

"Mungkin tahun 2050 baru benar-benar jadi," katanya.

Saya akan ke sana lagi di tahun itu. Atau Anda wakili saya. Pun saat itu nanti Anda harus membawa kendaraan sendiri. Tidak akan ada angkutan umum massal di sana. Tentu ada persewaan mobil. Seperti di Amerika atau Eropa.

Baca Juga:

Sekarang pun di Saudi Arabia sudah ada persewaan mobil seperti itu. Mereka buka cabang di Saudi: Avis, Enterprise, Alamo, dan seterusnya.

Saya lihat ada cabang mereka pun di kota Tabuk. Saya juga sempat terpikir ambil sewaan itu. Tetapi saya lebih ingin berinteraksi dengan layanan umum.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman pasti bisa membangunnya lebih spektakuler. Pasti laris. Kebetulan versi Kristen dan versi Islamnya praktis sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Nilai 95

    Jumat, 19 April 2024 – 07:44 WIB
    Nilai 95 - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Nilai 70

    Kamis, 18 April 2024 – 06:53 WIB
    Nilai 70 - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Perang Bukan

    Selasa, 16 April 2024 – 06:35 WIB
    Perang Bukan - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Drone Khandaq

    Senin, 15 April 2024 – 07:07 WIB
    Drone Khandaq - JPNN.com
X Close