Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Neraca Perdagangan RI Kembali Surplus, Ini Faktor Pendorongnya

Senin, 18 April 2022 – 13:57 WIB
Neraca Perdagangan RI Kembali Surplus, Ini Faktor Pendorongnya - JPNN.COM
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD 4,53 miliar pada Maret 2022. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD 4,53 miliar pada Maret 2022 dengan nilai ekspor USD 26,50 miliar dan impor USD 21,97 miliar.

"Berdasarkan catatan kami, neraca perdagangan mengalami surplus selama 23 bulan secara beruntun," ujar Kepala BPS Margo Yuwono, pada konferensi pers virtual, Senin (18/4).

Margo mengatakan komoditas nonmigas penyumbang surplus terbesar berasal dari bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewan nabati, serta besi dan baja.

Adapun tiga negara penyumbang surplus terbesar, yaitu perdagangan dengan Amerika Serikat (AS), India, dan Filipina.

Dengan AS, perdagangan Indonesia mengalami surplus sebesar USD 2 miliar dengan komoditas penyumbang surplus terbesar ialah lemak, minyak hewan nabati, dan alas kaki.

Kemudian, dengan India juga mengalami surplus sebesar USD 1,2 miliar dengan penyumbang surplus terbesar ialah bahan bakar mineral dan minyak hewan nabati.

Selanjutnya, Filipina juga surplus USD 916,9 juta di mana komoditas utama penyumbang surplus ialah bahan bakar mineral, serta kendaraan dan bagiannya.

Sebaliknya, perdagangan Indonesia juga mengalami defisit dengan beberapa negara, yaitu Thailand, Australia, dan Argentina.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD 4,53 miliar pada Maret 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close