Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Newmont-PIP Siap Tuntaskan Divestasi?

Rabu, 20 April 2011 – 20:53 WIB
Newmont-PIP Siap Tuntaskan Divestasi? - JPNN.COM
JAKARTA - Gelombang demonstrasi warga di tambang Batu Hijau yang dikelola Newmont Nusa Tenggara (NNT), tak menyurutkan langkah menajemen perusahaan tersebut untuk menuntaskan divestasi saham dengan pemerintah pusat.

Public Relation Manager PT NNT Rubi W. Purnomo mengatakan, dalam 30 hari ke depan, Newmont akan terus berkoordinasi dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) selaku pihak yang ditunjuk pemerintah pusat untuk membeli 7 persen saham jatah divestasi NNT tahun 2010. "Kami ingin, perjanjian jual beli saham tersebut tuntas," ujarnya ketika dihubungi Jawa Pos kemarin (19/4).

Sebagaimana diketahui, proses divestasi Newmont kali ini memicu kisruh lantaran pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menuntut agar 7 persen saham jatah divestasi 2010 tersebut diserahkan ke Pemda. Namun, pemerintah pusat sudah menyatakan siap membeli 7 persen saham Newmont melalui PIP. Akibatnya, masyarakat KSB sempat melakukan demo besar-besaran di lokasi tambang Batu Hijau. Selain itu, batas proses divestasi yang mestinya berakhir 18 April lalu, diperpanjang selama 30 hari.

Menurut Rubi, dalam proses divestasi tersebut, manajemen NNT memang berkewajiban untuk menawarkan saham kepada pemerintah pusat. Adapun perihal apakah pembelian saham tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat, atau BUMN, atau Pemda, sepenuhnya tidak terkait dengan manajemen NNT. "Sesuai dengan KK (kontrak karya) memang seperti itu," katanya.

JAKARTA - Gelombang demonstrasi warga di tambang Batu Hijau yang dikelola Newmont Nusa Tenggara (NNT), tak menyurutkan langkah menajemen perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close