Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nih, Analisis Pakar Konstruksi ITB soal Tragedi Gedung BEI

Rabu, 17 Januari 2018 – 07:14 WIB
Nih, Analisis Pakar Konstruksi ITB soal Tragedi Gedung BEI - JPNN.COM
Selasar gedung Tower II gedung BEI Jakarta, ambruk, Senin (15/1). Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

jpnn.com, JAKARTA - Penyebab selasar gedung BEI ambruk belum terungkap. Pakar Rekayasa Konstruksi ITB Herlien Dwiarti Soemari melihat bahwa beban berlebih bukan menjadi penyebab tragedi tersebut.

Dia mengatakan, ada tiga level yang perlu dicermati terkait ambruknya selasar gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut. Yakni level perencanaan, konstruksi, dan perawatan.

”Kegagalan kemungkinan terjadi di tiga level itu. Jika perencanaan dan konstruksi sudah betul, bisa jadi perawatannya yang tidak. Itu kan strukturnya yang ambruk. Pasti ada kesalahan. Detail-detail ini yang perlu pemeriksaan lebih lanjut,” tutur Herlien saat dihubungi kemarin (16/1).

Herlien melanjutkan, seorang desainer yang baik pasti memperhitungkan semuanya. Mulai dari geometri struktur; beban struktur, baik beban mati atau hidup; gaya-gaya dalam elemen struktur; dimensi struktur baik batang tekan, tarik, geser, atau bending; kualitas sambungan baik las, baut, atau keeling; dan mounting atau tumpuannya yang umumnya disebut sebagai pondasi.

”Semua ini harus dihitung, dirancang, dan dibangun secara aman dan andal,” kata dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB itu.

Berdasarkan laporan unofficial tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herlien melihat bahwa ada poin-poin yang missed di level desain dan perawatan.

Baut tidak kencang serta penurunan kekuatan sling, baut, atau penjepit akibat korosi merupakan kegagalan di level perawatan.

”Sedangkan untuk dugaan sling putus, penjepit sling terlepas, baut patah, dan robeknya pertemuan baja dengan beton kolom dan/atau balok merupakan kegagalan di level desain atau perencanaan,” papar Herlien.

Pakar rekayasa konstruksi ITB Herlien Dwiarti Soemari mengatakan, ada tiga level yang perlu dicermati dari ambruknya selasar gedung BEI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close