Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

NU Bisa Tangkal Terorisme

Jumat, 05 Maret 2010 – 04:58 WIB
NU Bisa Tangkal Terorisme - JPNN.COM
TEROR - Ketua PBNU Hasyim Muzadi (kiri) dan Mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) Hendro Priyono, saat berdiskusi soal terorisme di Gedung PBNU, Jakarta, Kamis (4/3). Foto: Raka Denny/Jawa Pos.
JAKARTA - Penanganan terorisme tidak boleh sebatas penanganan terhadap teror yang dimunculkan semata. Tapi, ia harus menyentuh berbagai paham yang melatarbelakangi munculnya teror itu. "Penanganannya tidak bisa parsial dan spasial, apalagi hanya retorika-retorika politis," kata mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M. Hendropriyono di Kantor PB NU, Jakarta, kemarin (4/3).

Karena itu, lanjut Hendro, ormas-ormas keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU) diharapkan bisa menjadi benteng terkuat dalam menangkal penyebaran terorisme di Indonesia. "Karena di dalam NU itu sudah tersedia penangkalnya," ujarnya dalam seminar yang diadakan di Kantor PB NU, Jl Kramat Raya, Jakarta, kemarin (4/3).

Menurut Hendro, sikap dasar dan ajaran ahlussunnah waljamaah serta pemahaman NU terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara akan menjadi sebuah kekuatan dalam menahan penyebaran terorisme. "Karena itu, sudah seharusnya pemerintah ikut merawat organisasi ini," tandasnya.

Hendro menambahkan, ketika fundamentalisme, radikalisme, dan terorisme merebak di Indonesia, NU sebagai organisasi Islam terbesar di negeri ini menghadapinya dengan arif dan tenang. "Saya juga yakin, NU bukan lahan yang subur untuk tumbuhnya pohon terorisme dan radikalisme," tuturnya.

JAKARTA - Penanganan terorisme tidak boleh sebatas penanganan terhadap teror yang dimunculkan semata. Tapi, ia harus menyentuh berbagai paham yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close