Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nusakambangan Kekurangan Napi

Minggu, 24 Januari 2010 – 07:30 WIB
Nusakambangan Kekurangan Napi - JPNN.COM
CILACAP-- Jika di banyak tempat lembaga pemasyarakatan (lapas) mengalami over capasity, tidak demikian halnya dengan lapas-lapas yang ada di Pulau Nusakambangan, Cilacap. Di sana justru jumlah napinya baru mencapai tiga perempat dari kapasitas. Nusakambangan siap menampung pindahan napi dari lapas lainnya.

"Tujuh lapas Nuskambangan siap menerima pindahan dari lapas lain. Jumlah napi yang ada di  lapas Nusakambangan sekarang sekitar 1.500. Padahal kapasitas tampung sekitar 2.000, jadi masih bisa menampung napi pindahan,” ungkap Kakanwil Departemen Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah Chaerudin Idrus.

Ditanya kemungkinan ada pemindahan napi dari lapas lain ke Nusakambangan dalam waktu dekat, Chaerudin Idrus mengaku belum tahu. Katanya, hal-hal yang menyangkut pemindahan napi merupakan kebijakan Ditjen Pemasyarakatan di Jakarta. "Tapi untuk napi dengan sisa masa pidana 5 tahun ke atas,  lapas di sini masih bisa menampung. Apalagi mereka memerlukan pembinaan khusus,” tandasnya.

Indrus kemarin berkunjung ke 3 lapas meliptui Lapas Batu, Lapas Narkotika dan Lapas Pasir Putih. Namun dia membantah kunjungannya itu sebagai sidak. Katanya, itu  kunjungan biasa saja. Dalam kunjungan itu, Idrus juga tidak menemukan fasilitas yang istimewa seperti ditemukan satgas pemberantasan mafia peradilan dalam kamar Artalyta Suryani di Lapas Wanita Pondok Bambu.

CILACAP-- Jika di banyak tempat lembaga pemasyarakatan (lapas) mengalami over capasity, tidak demikian halnya dengan lapas-lapas yang ada di Pulau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA