Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Obat Gatal Bisa Cegah Epilepsi

Selasa, 01 Oktober 2013 – 08:24 WIB
Obat Gatal Bisa Cegah Epilepsi - JPNN.COM

jpnn.com - ANTIHISTAMIN yang biasa digunakan untuk mengobati gatal pada anak bisa jadi kunci untuk mencegah kejang pada anak, atau epilepsi parah yang dikenal dengan Dravet Syndrome. Penemuan itu berdasarkan skrining ratusan obat yang dilakukan bukan pada tikus, tapi dengan menggunakan ikan zebra.

"Dravet syndrome adalah epilepsi parah pada anak dan sering menyebabkan risiko berbahaya hingga kematian," kata profesor bedah saraf di University of California. Scott Baraban, seperti dilansir laman Fox News, Senin (30/9).

Sementara itu, William K. Bowes Jr. Endowed Chair dari neuroscience research mengatakan bahwa pada tahun pertama kehidupan, anak mulai kejang hingga mencapai ratusan kali dalam sehari. Mereka akan terlambat bicara, mengalami masalah kognitif, dan ataksia.

"Ada obat yang diberikan nuntuk mengurangi efeknya, tapi tidak terlalu banyak pilihan untuk anak-anak," kata William.

Baraban menggunakan ikan zebra untuk menguji obat epilepsi pada tahun 2005 karena genom ikan zebra 80 persen identik dengan genom manusia.

Peneliti menggunakan larva ikan zebra yang nantinya akan menghisap obat yang diuji melalui proses respirasinya. Dengan obat segera masuk ke sistem mereka, peneliti lebih mungkin mengamati bagaimana ikan merespons dengan lebih cepat.

"Kebanyakan obat diuji dengan berbasis sel yang pada tahap berikutnya, di hewan tersebut mereka justru sering beracun. Jadi keuntungan ikan zebra ini kita bisa menguji efektivitas dan toksisitas obat pada waktu yang sama,' kata Baraban.

Baraban memutuskan melakukan skrining obat untuk sindrom Dravet setelah menemukan ikan zebra dengan mutasi pada gen SCN1A, mutasi genetik yang sama dan umumnya terkait dengan epilepsi. Seperti anak dengan sindrom dravet, ikan akan mulai kejang tiga hari setelah pembuahan.

ANTIHISTAMIN yang biasa digunakan untuk mengobati gatal pada anak bisa jadi kunci untuk mencegah kejang pada anak, atau epilepsi parah yang dikenal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA