Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OJK Minta Masyarakat Mewaspadai Tawaran Pinjol Ilegal

Senin, 16 Agustus 2021 – 11:01 WIB
OJK Minta Masyarakat Mewaspadai Tawaran Pinjol Ilegal - JPNN.COM
Kepala OJK Sumbar Yusri (Antara/Ikhwan Wahyudi)

jpnn.com, PADANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat mewaspadai penawaran pinjaman online (pinjol) ilegal yang biasanya ditawarkan lewat pesan seluler atau media sosial.

Kepala Kantor OJK Sumbar Yusri mengatakan kalau ada masyarakat yang mendapatkan penawaran tersebut, silakan melapor ke OJK. 

Sebagai tindak lanjut apabila pinjaman online itu tidak berizin, maka situsnya bisa ditutup oleh Satgas Waspada Investasi. 

“Kalau ada yang mendapat tawaran pinjaman online melalui SMS atau WhatsApp, sebaiknya tidak usah direspons karena pihak pemberi pinjaman tidak boleh memberikan tanpa minta persetujuan masyarakat,” katanya di Padang, Minggu (15/8). 

Yusri menjelaskan setiap perusahaan yang menawarkan jasa pinjaman kepada masyarakat wajib memiliki pernyataan aplikasi pinjaman yang diberikan dokumentasinya oleh OJK. 

“Jadi, hanya perusahaan pinjaman online yang mendapat izin dari OJK yang boleh memberikan pembiayaan kepada masyarakat. Sepanjang tidak terdaftar di OJK artinya mereka ilegal," ujarnya.

Di sisi lain, OJK terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak terjebak dengan pinjaman online ilegal yang bunganya mencekik dan berlipat-lipat.

Sebelumnya Satgas Waspada Investasi (SWI) yang beranggotakan 13 kementerian dan lembaga sepakat memperkuat upaya penegakan hukum untuk memberantas pinjaman online atau pinjol ilegal di tanah air.

Kepala Kantor OJK Sumbar Yusri menegaskan kalau ada yang mendapat tawaran pinjaman online melalui SMS atau WhatsApp, sebaiknya tidak usah direspons. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close