Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Oknum ASN Ikut Deklarasi Pasangan Cagub di NTB, Bawaslu Bereaksi Begini

Selasa, 17 September 2024 – 18:43 WIB
Oknum ASN Ikut Deklarasi Pasangan Cagub di NTB, Bawaslu Bereaksi Begini - JPNN.COM
Anggota Bawaslu Nusa Tenggara Barat (NTB), Suhardi. (ANTARA/Nur Imansyah).

jpnn.com, MATARAM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Barat menpeingatkan kehadiran tiga Aparatur Sipil Negara pada kegiatan jalan sehat dan deklarasi bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri atau Iqbal-Dinda di GOR 17 Desember Turida Kota Mataram, Minggu (15/9).

"Jadi, isu netralitas ASN ini memang menjadi titik kerawanan tertinggi di Pilkada NTB 2024. Maka, kita minta jangan main-main dengan jabatannya. Karena kalau masih ikut berpolitik lebih lebih mundur saja," ujar Anggota Bawaslu NTB Suhardi pada wartawan di Mataram, Selasa.

Menurutnya, saat ini sangat banyak warga di NTB yang menghendaki untuk menjadi ASN. Oleh karena itu, jika sudah menjadi ASN agar tetap mematuhi aturan yang melarang ASN terlibat dalam politik praktis.

"Kalau sudah ASN hadir di deklarasi itu jelas itu masuk unsur. Kalau kampanye pasangan calon (paslon) ya silahkan. Ini karena orang juga butuh tahu soal visi dan misi calon kepala daerah yang bukan hanya gambar. Tapi juga perlu langsung mendengarkannya," ujarnya.

Terkait ada tiga ASN Pemerintah Kabupaten Bima yang diduga mengikuti deklarasi pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) maju Pilkada NTB 2024, da mengatakan bahwa hal tersebut sudah ditangani oleh Bawaslu Kabupaten Bima.

"Mereka sudah turun tangan melakukan penelusuran. Silahkan kawan-kawan bisa langsung menelusuri kebenarannya ke Bawaslu Kabupaten Bima. Tapi yang pasti kita akan tegas terhadap ASN yang melanggar aturan soal netralitas-nya," ujar Suhardi.

Untuk itu Suhardi, mengajak para ASN untuk menjaga netralitas-nya saat Pilkada 2024. Terlebih, saat ini sudah banyak calon dari kepala daerah yang tampil di Pilkada NTB. Selain itu, pada 22 September 2024 juga akan memasuki tahapan penetapan pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin mengatakan pihaknya kini tengah melakukan penelusuran terkait beredar-nya foto-foto ASN Pemkab Bima yang hadir dalam deklarasi pasangan Iqbal-Dinda di GOR Turida, Kota Mataram.

Bawaslu Nusa Tenggara Barat memperingatkan oknum ASN yang hadir dalam acara deklarasi dukungan kepada bakal cagub.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA