Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Okto: Pengusaha dan Warga Timor Leste Berharap Bebas Visa Masuk Indonesia

Minggu, 26 Juni 2022 – 22:30 WIB
Okto: Pengusaha dan Warga Timor Leste Berharap Bebas Visa Masuk Indonesia - JPNN.COM
Sejumlah pejabat negara baik dari Indonesia dan Timor Leste berpose bersama saat Peringatan 20 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia dan Timor Leste di Oecusse. ANTARA/Kornelis Kaha

jpnn.com - Pengusaha dan warga Timor Leste meminta Pemerintah Republik Indonesia membebaskan visa masuk ke Indonesia. 

Hal itu diungkap Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik, Minggu (26/6).

"Mereka meminta agar bebas visa diberlakukan juga bagi warga negara tersebut, seperti bebas visa bagi masyarakat Indonesia yang ingin masuk ke Timor Leste," kata Okto Dorinus Manik di Oecusse, yang kini dikenal dengan RAEOA wilayah enclave Timor Leste.

Okto mengemukakan hal itu pada forum bisnis dan investasi unggulan perbatasan Indonesia dan Timor Leste bertema Menuju Perbatasan yang Unggul memperingati 20 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Timor Leste.

Dalam forum itu, para pengusaha meminta supaya kendaraan truk yang berasal dari Timor Leste tetap boleh masuk ke wilayah Indonesia. Hal itu seperti kebijakan kendaraan truk yang membawa barang ekspor masuk ke Timor Leste.

Namun, Okto mengatakan bahwa hal itu akan jadi rekomendasi bersama yang bakal ditindaklanjuti ke tingkat pusat. "Dalam forum bisnis ini, banyak isu yang strategis serta masukan dan telah dijadikan satu rekomendasi yang akan segera ditindaklanjuti," katanya.

Dalam forum tersebut juga banyak usulan berupa penggunaan kembali pas lintas batas. 

Kemudian, banyak hal yang perlu direvisi selama 20 tahun berjalannya hubungan bilateral Indonesia dan Timor Leste yang kelak akan memudahkan pelaku usaha dalam melakukan bisnis maupun investasi.

Dubes RI untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik mengatakan pengusaha maupun warga Timor Leste berharap bebas visa masuk Indonesia. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close