Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Olah Tulang Ikan Tenggiri Jadi Kerupuk, SMKN 4 Bengkulu Raup Untung Berlipat

Minggu, 21 Juli 2024 – 10:01 WIB
Olah Tulang Ikan Tenggiri Jadi Kerupuk, SMKN 4 Bengkulu Raup Untung Berlipat - JPNN.COM
Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu Dr Paidi, M.TPd, dan Dyah, guru agribisnis di acara Indolivestock Expo dan Forum, Jakarta Convention Center (JCC). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com - Mengubah limbah menjadi sesuatu hal yang bermanfaat dan bernilai ekonomis tinggi adalah gambaran yang dilakukan oleh guru dan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Bengkulu.

Mereka memanfaatkan limbah tulang ikan untuk menjadi olahan kerupuk. 

"Kerupuk ini terbuat dari tulang ikan tenggiri dan mengandung gizi yang tinggi," kata Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu Dr Paidi, M.TPd, kepada JPNN di acara Indolivestock Expo dan Forum, Jakarta Convention Center (JCC) yang berlangsung 18-19 Juli. 

Dia menjelaskan bahan baku tulang ikan tenggiri banyak tersedia di Bengkulu, dan sebelumnya hanya menjadi limbah, apalagi sekolah SMKN 4 Bengkulu lokasinya berada di daerah pesisir sehingga bahan baku pun berlimpah.

"Awalnya itu dari pemikiran, bagaimana agar kami bisa menjaga ekosistem lingkungan. Kemudian tercetuslah ide untuk mengolah tulang-tulang ikan tersebut menjadi sesuatu yang enak tetapi juga bernilai ekonomis, maka jadilah ini kerupuk," ujarnya.

Pengolahan tulang ikan sebagai kerupuk selain bernilai jual tinggi, juga membantu menjaga lingkungan sekitarnya dari limbah tulang ikan. Karena, biasanya tulang ikan tenggiri ini dibiarkan saja setelah dagingnya diambil sebagai bahan baku pempek dan jenis olahan ikan lainnya.

"Ini juga produk rumahan yang bisa dengan mudah dibuat dan dipasarkan karena menjadi makanan sehari-hari, apalagi keuntungannya berlipat," ungkapnya. 

Dia mengungkapkan untuk kerupuk tulang ikan dijual Rp 20 ribu per bungkus. Kerupuk ini diminati masyarakat sekitar, bahkan industri karena cita rasanya khas banget. 

SMKN 4 Bengkulu meraup untung berlipat karena mengolah limbah tulang ikan tenggiri menjadi kerupuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA