Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Politeknik Pertanian Negeri Kupang Bikin Inovasi Pakan Ternak dari Daun Kelor

Minggu, 21 Juli 2024 – 09:12 WIB
Politeknik Pertanian Negeri Kupang Bikin Inovasi Pakan Ternak dari Daun Kelor - JPNN.COM
Guru Besar Nutrisi Politeknik Pertanian Kupang, Prof. Catootjie Lusje Nalle, S.Pt., M.Agr.St., Ph.D (kanan) menunjukkan produk-produk inovasi yang menggunakan sumber daya alam lokal. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com - Salah satu tantangan dalam usaha peternakan adalah pakan, yaitu sekitar 70% dari total biaya operasional yang harus dikeluarkan. Ini belum lagi ditambah dengan tingginya harga pakan yang disebabkan oleh berbagai hal, termasuk adanya bahan baku yang perlu didapatkan dari impor.

Kondisi tersebut memacu Politeknik Pertanian Negeri Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melakukan inovasi menciptakan pakan ternak yang terjangkau tetapi berkualitas tinggi.

"Kami berhasil membuat inovasi pakan ternak dari daun kelor dan putak untuk ayam kampung super KUB," kata Guru Besar Nutrisi Politeknik Pertanian Kupang, Prof. Catootjie Lusje Nalle kepada JPNN, di acara Indolivestock Expo dan Forum Jakarta Convention Center (JCC) yang berlangsung 18-19 Juli. 

Prof. Catootjie menjelaskan daun kelor dipilih karena banyak protein dan antioksidan, juga merupakan sumber kalsium bagi ternak. Apalagi populasi pohon kelor di NTT tersedia banyak di masyarakat, begitu juga dengan putak.

"Kalau daunnya muda untuk dimakan orang, kami memanfaatkan daun kelor yang sudah tua untuk ternak," ucapnya.

Penggunaan bahan-bahan lokal ini juga mampu menekan biaya untuk pakan ternak, misalnya saja jagung yang harganya di pasaran bisa tembus antara Rp 7.000 - Rp 8.000. Pada April lalu harga jagung per kilo tembus sampai Rp 12 ribu. 

"Kalau putak ini harganya cuma sekitar Rp 3.000 per kilo, kelor malah banyak tinggal ambil saja," ungkapnya.

Jebolan The University of Queensland, Australia, ini menambahkan, solusi pakan ternak alternatif dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan sekitar atau lokal, bisa dicontoh oleh daerah lain. Caranya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar.

Politeknik Pertanian Negeri Kupang membuat inovasi pakan ternak dari daun Kelor yang mengandung nutrisi tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA