Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Operasi Keamanan Laut, 2 KRI Milik TNI AL Berpatroli di Perairan Sulawesi

Selasa, 14 Februari 2023 – 20:00 WIB
Operasi Keamanan Laut, 2 KRI Milik TNI AL Berpatroli di Perairan Sulawesi - JPNN.COM
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kerapu 812 saat melakukan bekal ulang bahan bakar, air tawar, dan bahan makanan di Dermaga Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/2/2023). ANTARA/Harianto

jpnn.com - KENDARI - Sebanyak dua Kapal Perang Republik Indonesia milik TNI AL, yakni KRI Tombak 629 dan KRI Kerapu 812, melakukan patroli di perairan Sulawesi. 

Kepala Staf Gugus Keamanan Laut Komando Armada II Kolonel Laut (P) Catur Nur Ardiantoro mengatakan patroli keamanan laut itu bertujuan menegakkan keamanan laut di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II meliputi Selat Lombok, Selat Makassar, dan Laut Sulawesi. 

"Dalam operasi keamanan laut ini, ada beberapa bentuk yang dilaksanakan, salah satunya operasi keamanan ALKI Wilayah II," katanya di Kendari, Selasa (14/2).

Pihaknya juga menegakkan hukum di laut dari segala bentuk penyelundupan serta kejahatan lainnya seperti penambangan ilegal, penangkapan ikan ilegal, dan kejahatan narkoba.

“Selama melaksanakan operasi, pastinya berdasarkan informasi-informasi intelijen, terkait dengan informasi-informasi yang terkini dan mungkin ancaman yang akan terjadi," ungkap Kolonel Catur.

Dia mengatakan bahwa patroli sangat penting guna memastikan keamanan laut agar seluruh pengguna laut dapat berlayar atau bernavigasi bebas dan tidak ada hambatan, baik dari ancaman perampokan maupun yang lainnya.

"Saat ini kami fokuskan yang lagi trend terkait dengan penyelundupan minerba. Ini harus antisipasi, dijaga benar. Apa perintah atau pesan politik dari presiden, kami laksanakan," katanya.

Komandan KRI Tombak 629 Letkol Laut (P) Rudi Iskandar mengatakan bahwa pihaknya melakukan operasi dengan nama Marga Baruna guna memastikan keamanan laut di wilayah ALKI II. Patroli ini berlangsung sejak awal Januari 2023.

2 KRI milik TNI AL melakukan operasi keamanan laut di perairan Sulawesi. Selama melaksanakan operasi, pastinya berdasarkan informasi-informasi intelijen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close