Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Operasi Senpi Musi 2022, Irjen Toni: Kami Mengamankan Puluhan Senjata Api

Sabtu, 12 Maret 2022 – 16:31 WIB
Operasi Senpi Musi 2022, Irjen Toni: Kami Mengamankan Puluhan Senjata Api - JPNN.COM
Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

jpnn.com, PALEMBANG - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Toni Hermanto mengatakan bahwa pihaknya telah menyita puluhan pucuk senjata api beserta amunisi dari masyarakat dalam Operasi Senpi Musi 2022. Selain menyita senjata api beserta amunisinya, kata Toni, pihaknya juga mengamankan para pelaku. 

“Dari hasil laporan analisis dan evaluasi ke-17 di akhir pelaksanaan Operasi Senpi Musi 2022, kami mengamankan puluhan senjata api dan turut serta mengamankan pelakunya,” kata Irjen Toni Harmanto dalam rilis yang diterima di Palembang, Sabtu (12/3). 

Jenderal bintang dua ini memerinci senpi yang disita terdiri dari 27 pucuk laras pendek, dan 32 laras panjang. "Barang sitaan itu didapat dari 54 pelaku untuk 54 pengungkapan kasus dalam operasi yang terhitung sejak 14 Februari hingga 2 Maret," katanya.

Irjen Toni menambahkan bahwa untuk barang bukti amunisi yang disita ada 19 butir untuk senjata api laras pendek, dan 83 butir senpi laras panjang. 

Irjen Toni menjelaskan bahwa operasi ini bertujuan menertibkan senjata api tanpa izin atau ilegal yang dimiliki masyarakat, sehingga menekan angka kriminalitas seperti kejahatan dengan kekerasan, penganiayaan, pembunuhan serta gangguan kamtibmas lainnya. 

“Ke depan akan terus kami tingkatkan," tegas Irjen Toni Hermanto.

Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi menambahkan dalam Operasi Senpi Musi 2022 ada tiga Polres jajaran (imbangan) juga turut mengintensifkan penindakan, yakni Polres Prabumulih, Polres Lubuk Linggau, dan Polres Pagaralam.

"Khusus ketiga Polres ini dalam waktu operasi, hanya Polres Pagaralam yang nihil, sedangkan untuk kedua Polres lainnya mampu mengungkap masing-masing satu kasus dengan menangkap masing-masing satu pelaku," kata dia.

Irjen Toni Hermanto menyatakan dalam Operasi Senpi Musi 2022, Polda Sumsel mengamankan dan menyita puluhan senjata api beserta amunisinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close