Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Orang Meninggal dan Bayi Masuk Jadi Pemilih

Selasa, 27 Maret 2012 – 11:01 WIB
Orang Meninggal dan Bayi Masuk Jadi Pemilih - JPNN.COM
TINGGINYA tingkat urbanisasi di DKI Jakarta, membuat proses pendaftaran pemilih rawan. Menurut Direktur Indobarometer M Qodari, soal pendaftaran pemilih pada 2007 lalu menjadi topik yang dominan. “Tahun 2007 di DKI Jakarta itu banyak pemilih hantu. Kenapa disebut pemilih hantu, pertama orang yang mestinya terdaftar tapi tidak terdaftar. Kedua yang tidak terdaftar tapi kok terdaftar,” ujar Qodari.

Selain itu kata dia, ada yang sudah meninggal tapi terdaftar. Ada juga yang masih bayi terdaftar. “Daerah seperti Jakarta yang urbanisasinya sangat tinggi, masalah pendaftaran pemilih sangat rawan. Dan kerawanan ini bukan soal hak warga negara. Tapi juga soal potensi kecurangan,” terangnya.

Qodari menambahkan, persoalan pemilih makin parah di perkotaan. Apalagi yang tingkat urbanisasinya tinggi. Solusinya, dia berharap semua pihak ikut mengawasi.

Sementara itu, terkait pesta demokrasi di ibu kota, KPU Jakarta Pusat juga makin rajin kampanye pilkada di pusat perbelanjaan. “Kami membuat pusat informasi di jalan itu. Warga bisa mengecek, apakah namanya sudah masuk DP4 atau belum,” beber Plt Ketua KPU Jakarta Pusat Arif Bawono.

TINGGINYA tingkat urbanisasi di DKI Jakarta, membuat proses pendaftaran pemilih rawan. Menurut Direktur Indobarometer M Qodari, soal pendaftaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA