Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Orasi Ilmiah Prof Zudan, Ada Pesan Penting untuk Para Wisudawan Universitas Borobudur

Sabtu, 24 Desember 2022 – 18:45 WIB
Orasi Ilmiah Prof Zudan, Ada Pesan Penting untuk Para Wisudawan Universitas Borobudur - JPNN.COM
Profesor Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan orasi ilmiah bertema "Transformasi Digital, Branding, Marketing dan Penyiapan Kebijakan yang Berdampak" di hadapan para wisudawan dan civitas academica Universitas Borobodur di JCC, Jakarta, Kamis (22/12). Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA - Orasi Ilmiah Prof Zudan, Ada Pesan Penting untuk Para Wisudawan Universitas Borobudur.

Profesor Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan orasi ilmiah bertema "Transformasi Digital, Branding, Marketing dan Penyiapan Kebijakan yang Berdampak" di hadapan para wisudawan dan civitas academica Universitas Borobodur di JCC, Jakarta, Kamis (22/12).

Prof Zudan, panggilan akrabnya, merupakan Guru Besar Universitas Borobudur, Jakarta, yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri dan Ketua Umum Korpri Nasional.

Dalam orasinya, Prof Zudan mengatakan bahwa peradaban umat manusia lekat dengan perubahan dari waktu ke waktu.

Transformasi peradaban itu dimulai dengan istilah peradaban 1.0, yakni kehidupan manusia nomaden yang bertumpu pada berburu dan meramu.

Kemudian peradaban terus berkembang 2.0 meningkat sedikit lebih tinggi dengan menetap dan berladang dan beternak. Naik lagi ke 3.0, yakni masuk peradaban industrialisasi.

Kemudian terus berkembang ke generasi peradaban 4.0, ditandai dengan masyarakat yang sangat intens menggunakan teknologi, semua transaksi berbasis elektronik.

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, internet of things (IoT), cloud, broadband, wifi menjadi bahasa sehari-hari. Bahkan saat ini di berbagai belahan dunia mulai masuk ke peradaban 5.0.

Prof Zudan Arif Fakrulloh, Guru Besar Universitas Borobudur, yang juga Dirjen Dukcapil Kemendagri dan Ketua Umum Korpri Nasional, menyampaikan orasi ilmiah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close