Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Otak Putra Sudah Bersih dari Perdarahan

Pneumonia Masih Belum Terselesaikan

Rabu, 19 Mei 2010 – 03:21 WIB
Otak Putra Sudah Bersih dari Perdarahan - JPNN.COM
SURABAYA - Kabar yang cukup melegakan datang dari Ramdan Aldil Saputra alias Slamet Hadi Syahputra. Otak balita yang 24 April lalu menjalani transplantasi liver itu kemarin (19/5) dinyatakan sudah bersih dari sisa-sisa perdarahan maupun penumpukan cairan otak (liquor cerebrospinalis).

Kesimpulan tersebut diperoleh tim dokter RSUD dr Soetomo berdasarkan hasil whole body CT-Scan yang kemarin dilakukan terhadap Putra (panggilan baru Ramdan). "Hasil scan kepala cukup bagus, membaik. Hydrocephalus sudah tidak ada. Perdarahan yang terjadi sudah terabsorbsi," kata dr Arie Utariani SpAn-KIC, konsultan Intensive Care Unit dan critical care yang menangani Putra, dalam konferensi pers di lantai 2 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo kemarin siang.

Seperti diketahui, pada Selasa (11/5) lalu, Putra memang mengalami perdarahan otak untuk kali ketiga. Karena areanya tak terlalu besar, dokter tak melakukan trepanasi (bedah otak dengan membuka tulang tengkorak), seperti ketika Putra mengalami perdarahan untuk kali pertama dan kedua pada 28 dan 29 April lalu. Tubuh Putra dianggap mampu menyerap sendiri perdarahan itu, sehingga tak perlu dikeluarkan lewat operasi.

Namun, bekuan darah akibat kejadian itu ternyata menyumbat saluran ventrikel (bagian terdalam otak), dan membuat Putra mengalami hydrocephalus (pembengkakan kepala karena penumpukan cairan otak). Akibatnya, pada Kamis (13/5), Putra menjalani pembedahan kepala untuk kali ketiga. Tindakan itu dilakukan untuk memasang selang Holter Drain dari otak ke serambi kanan jantung Putra, guna mengalirkan penumpukan cairan otaknya.

SURABAYA - Kabar yang cukup melegakan datang dari Ramdan Aldil Saputra alias Slamet Hadi Syahputra. Otak balita yang 24 April lalu menjalani transplantasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA