Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Otsus, Terobosan Besar Negara untuk Memajukan Orang Asli Papua

Minggu, 27 Desember 2020 – 23:28 WIB
Otsus, Terobosan Besar Negara untuk Memajukan Orang Asli Papua - JPNN.COM
Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan, otonomi khusus (Otsus) Papua lahir agar orang Papua menjadi tuan di daerah sendiri sekaligus menjadi harapan dan solusi.

Papua pada zaman Presiden Jokowi dilakukan berbagai terobosan, konektivitas infrastruktur terus dilakukan. Pusat memberi perhatian lebih mendorong infrastruktur di Papua makin maju.

“Kalau pun ada yang menilai Otsus gagal, bukan karena Otsus itu sendiri, namun lebih karena pejabat daerah tak transparan dan tak bisa menjalankan Otsus,” ujarnya di Jakarta, Minggu (27/12/2020).

“Bukan Otsus gagal, tetapi lebih karena pejabat yang tidak bisa mengeksekusi menjalankan amanat karena secara konsep Otsus sudah bagus,” tegasnya.

Freddy Numbery, tokoh senior Papua menambahkan, konsep dan juga kebijakan Otsus merupakan langkah hebat yang diambil negara untuk Papua. Namun regulasi hebat tapi manakala tidak diikuti birokrasi yang baik, maka menjadi amburadul.

Otsus adalah pemikiran dahsyat anak papua. “Kita perlu ubah pendekatan, Otsus sudah baik, tapi perlu pendekatan tepat dan pengawasan lebih baik,” ucap Freddy.

Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo menjelaskan, Otsus sudah memberi manfaat besar. Banyak anak muda Papua bisa sekolah ke luar negeri.

Akses kesehatan yang lebih baik. Sayangnya, berbagai kelebihan itu, tidak disosialisasikan dengan baik oleh pemerintah provinsi.

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan, otonomi khusus (Otsus) Papua lahir agar orang Papua menjadi tuan di daerah sendiri sekaligus menjadi harapan dan solusi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close