Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pagi-pagi Warga Disambut Banjir

Selasa, 21 April 2020 – 19:56 WIB
Pagi-pagi Warga Disambut Banjir - JPNN.COM
Perumahan BTN Joglo, Kelurahan Sawah Gede, Cianjur, tergenang banjir akibat meluapnya anak Sungai Cianjur yang membentang di belakang perumahan, Selasa (21/4). Foto: Ahmad Fikri/Antara

jpnn.com, CIANJUR - Hujan deras yang menguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sejak Selasa (21/4) dini hari membuat seratusan rumah di wilayah perkotaan terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan mengatakan, banjir yang mengenangi sejumlah wilayah di perkotaan akibat meluapnya anak Sungai Cianjur, setelah hujan turun deras sejak dini hari hingga pagi menjelang.

"Tidak ada korban jiwa dalam petistiwa tersebut, namun pihaknya masih melakukan pendataan jumlah rumah rusak dan terdampak," katanya, Selasa (21/4).

Petugas masih melakukan pendataan terkait rumah yang rusak akibat banjir dan rumah yang terendam dilaporkan mencapai 100 unit, terbagi dibeberapa wilayah seperti Desa Limbangan, Kelurahan Sawahgede, Kelurahan Sayang.

Banjir juga menutupi jalan protokol yang saat ini sedang dibersihkan dari lumpur dan pasir yang disisakan air bah. Ruas jalan protokol sempat tergenang setinggi tumit orang dewasa melanda Jalan Abdulah Bin Nuh, Pangeran Hidayatullah dan Jalan HOS Cokroaminoto.

Menjelang siang jalan tersebut sudah dapat dilalui secara normal setelah petugas gabungan dari Polres Cianjur dan Damkar Cianjur, berhasil menyingkirkan lumpur dan pasir yang menutupi landasan jalan.

"Kami masih melakukan pendataan berapa total rumah yang terdampak, termasuk mendata warga yang mengungsi. Kami akan segera mengirim bantuan logistik kalau diperlukan," katanya.

Sementara warga perumahan BTN Joglo, Kelurahan Sawahgede, terpaksa mengungsi ke tempat yang dinilai aman karena khawatir banjir susulan akibat meluapnya Sungai Dipawangi yang terletak dibelakang perumahan kembali meluap.

Ratusan rumah di Kabupaten Cianjur terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa pada Selasa (21/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close