Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Paguyuban Suporter Timnas: Pemain ke-12 Tak Mungkin Disingkirkan!

Selasa, 20 Juni 2023 – 23:57 WIB
Paguyuban Suporter Timnas: Pemain ke-12 Tak Mungkin Disingkirkan! - JPNN.COM
Suporter di GBK Jakarta saat menyaksikan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam, Jumat (6/1). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemberdayaan suporter adalah bagian terpenting sebagai stake holder sepakbola Indonesia, karena suporter adalah napas sebuah pertandingan sepak bola.

Hal ini terungkap dalam pelaksanaan FGD dengan tema "Pemberdayaan Suporter Sebagai Napas Sepakbola Indonesia" yang diadakan oleh Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) bekerja sama dengan FEBIS UTA’45 Jakarta, Universitas Bung Karno dan Universitas Negeri Surabaya di Jakarta, Selasa (20/6).

Ketua Dewan Pembina PSTI Rudyono Darsono menyatakan tanpa adanya suporter maka sebuah pertandingan sepak bola akan kehilangan rohnya, jadi stake holder sepak bola jangan sampai mengabaikan keberadaan supporter.

"Suporter atau penonton sepak bola yang sering disebut pemain ke-12 itu tidak mungkin disingkirkan atau dipinggirkan hanya karena sebuah kejadiannya, yang kita sama-sama tahu permasalahan itu bukan permasalahan suporter saja, sebuah rentetan peristiwa yang sangat kompleks, jadi kita jangan kita terpaku pada satu persoalan Kanjuruhan, lalu kita mengkambing hitamkan seluruh suporter sepak bola Indonesia," kata Rudyono.

Sementara itu, legenda sepak bola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, menilai peran suporter teramat penting bagi pemain. Suporter, kata dia bisa menjadi penyemangat pemain ketika kelelahan saat bertanding.

"Sekaligus menjadi controlling untuk performance kita. Dulu saya dan pemain lainnya pasti mengatakan tidak ingin mengecewakan suporter ketika main," tandas Kurniawan.

Ketua Umum PSTI Ignatius Indro mengatakan hingga saat ini suporter hanya dijadikan obyek tanpa diperhatikan bagaimana jaminan keamanan dan kenyamanan dalam menyaksikan pertandingan

"Contoh sederhana, saat pertandingan melawan Argentina kemarin, dengan harga diatas rata-rata pertandingan timnas lainnya, apakah ada asuransi yang melindungi suporter? Ini menunjukan belum ada jaminan keamanan dan kenyamanan dalam menyaksikan pertandingan," ungkap Indro.

Pemberdayaan suporter adalah bagian terpenting sebagai stake holder sepakbola Indonesia, karena suporter adalah napas sebuah pertandingan sepak bola.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close