Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pahami Penggunaan Perangkat Vape agar Terhindar dari Pencemaran Logam

Jumat, 07 Juni 2024 – 22:57 WIB
Pahami Penggunaan Perangkat Vape agar Terhindar dari Pencemaran Logam - JPNN.COM
Ilustrasi orang sedang menggunakan rokok elektrik atau vape. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan muncul kabar potensi pencemaran logam bagi pengguna vape/rokok elektrik. 

Praktisi kesehatan sokter Tri Budhi mengatakan pencemaran akan timbul jika pemanasan melebihi suhu tertentu pada coil dari vape

Namun, hal itu kecil kemungkinan terjadi bila pengguna memahami dengan baik pengaturan perangkat (device) dan cara mengaturnya.   

“Device vape saat ini sudah mayoritas regulated mod device, yang berarti sistem pemanasan sudah terkontrol chipset di dalam device-nya. Sehingga suhu kritis pemanasan logam coil bisa lebih terkendali,” ujar dr. Tri Budhi dikutip, Jumat (7/6).

Tri Budhi menyebut beberapa peneliti, aktivis, dan pemerintah melihat rokok elektrik sebagai alternatif yang lebih rendah risiko dibandingkan dengan rokok konvensional.

Public Health England rutin melakukan penelitian setiap tahun dan menyatakan bahwa rokok elektrik memiliki risiko yang jauh lebih rendah ketimbang rokok konvensional. 

Untuk itu, upaya untuk melakukan standardisasi device perlu dilakukan agar semua device yang beredar di pasaran terkontrol dan tepat sasaran.

"Standardisasi produk bisa membantu mengurangi penyalahgunaan dan bahkan bisa menjadi jalan untuk edukasi penggunaan vape kepada penggunanya," kata Tri Budhi.

Praktisi kesehatan sokter Tri Budhi mengatakan pencemaran akan timbul jika pemanasan melebihi suhu tertentu pada coil dari vape.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close