Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak Ganjar Tak Sangka, Ternyata Ini Fakta Penyebab Banjir Besar di Kebumen

Selasa, 03 November 2020 – 19:04 WIB
Pak Ganjar Tak Sangka, Ternyata Ini Fakta Penyebab Banjir Besar di Kebumen - JPNN.COM
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi lokasi banjir di Kebumen. Foto: Instagram

jpnn.com, KEBUMEN - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menemukan fakta mengejutkan saat terjun ke lokasi banjir di Kabupaten Kebumen, Selasa (3/11).

Ternyata, jebolnya tanggul yang menyebabkan beberapa desa di Kecamatan Puring Kebumen terendam banjir itu  akibat warga yang melubangi tanggul untuk keperluan pengairan sawah.

Hal itu ditemukan Ganjar saat meninjau tanggul jebol di Desa Madurejo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen. Menurut laporan kepala desa Madurejo, Ajar Dwiyono dan kepala desa Sidobunder, Sarno, tanggul jebol yang menyebabkan banjir di daerahnya itu, karena warga nekat melubangi tanggul untuk pengairan.

"Untuk itu kami minta bantuan pompa air pak, yang bisa menyedot air dari sungai ke sawah. Itu jebol karena warga melubangi tanggul," kata Ajar Dwiyono pada Ganjar.

Ganjar pun terkejut dengan laporan itu. Dia meminta Kades dan aparat setempat dapat mengedukasi warga untuk menjaga tanggul agar tidak terjadi bencana.

"Tadi ada temuan yang disampaikan pak Lurah. Kenapa tanggulnya jebol, karena di bawahnya dibolongi (dilubangi). Kenapa dilubangi, karena butuh air untuk pertanian. Maka saya minta ini tidak boleh terjadi lagi. Ayo warga semuanya tolong dijaga tanggulnya," kata Ganjar.

Terkait penyebab warga yang nekat melubangi tanggul karena membutuhkan pengairan sawah, Ganjar meminta ada solusi lain. Kades sudah mengusulkan agar pemerintah memberikan bantuan pompa air berkapasitas besar, dan menurutnya itu solusi bagus.

"Tadi Pak Lurah mengusulkan pompa, maka Pak Bupati Kebumen tolong dibantu. Kalau tidak bisa, nanti kami juga ikut bantu, Kementerian Pertanian, CSR pasti bisa bantu. Tapi ini tolong menjadi perhatian, karena kalau itu dijaga, maka semuanya bisa aman," tegasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menemukan fakta mengejutkan saat berkunjung ke lokasi banjir Kebumen dengan ribuan pengungsi warga setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close