Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak Jokowi, Menteri Ini Katanya Harus Diganti Demi Selamatkan Reputasi Anda

Kamis, 22 Oktober 2015 – 20:59 WIB
Pak Jokowi, Menteri Ini Katanya Harus Diganti Demi Selamatkan Reputasi Anda - JPNN.COM
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

jpnn.com - JAKARTA – Presiden Joko Widodo harus berani mengganti Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya demi menyelamatkan reputasinya di dunia internasional.

Pasalnya, orang yang dipercayanya di kementrian tersebut dianggap tak mampu mengatasi bencana asap di Indonesia yang telah menjadi sorotan dunia akhir-akhir ini. 

“Jokowi sebagai Presiden harus melakukan evaluasi secara serius terhadap kinerja Menteri KLHK," ungkap pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun, Kamis, (22/10).

Dia menilai Menteri KLHK  tak memiliki rencana antisipasi dan penanganan kebakaran secara sistemik dan masif. Bahkan, tegas dia,  dalam kasus asap cenderung reaktif. Menurut Ubedillah, bicara hutan dan lingkungan hidup adalah sebuah program jangka panjang. 

“Ini yang tak terlihat dalam satu tahun kinerja Menteri Siti,”  ungkapnya.

Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo meminta negara harus sadar kebakaran hutan kali ini bukan hal yang biasa. Menurutnya, kebakaran ini bersifat masif dan sistematis. “Masif karena ini terjadi dimana-mana. Sistematis karena kasus kebakaran beruntun dari Sumatera hingga Papua,” kata Firman.

Diduganya ada yang mendesain kasus kebakaran ini dengan menjastifikasi kemarau yang panjang. Apa motivasi mendesain kebakaran hutan dan lahan? Menurut Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu, motivasinya adalah masalah politik ekonomi. 

Lahan yang terbakar sebagian di area perkebunan kepala sawit dan hutan produksi untuk pembuatan kertas. 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo harus berani mengganti Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya demi menyelamatkan reputasinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close