Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Pak Luhut Bicara soal UMKM, Optimistis Banget soal Target

Rabu, 16 September 2020 – 23:02 WIB
Pak Luhut Bicara soal UMKM, Optimistis Banget soal Target - JPNN.COM
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada peluncuran Bangga Buatan Indonesia secara daring, Rabu (16/9). Foto: tangkapan layar YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan merasa optimistis bahwa pada akhir tahun ini Indonesia akan mencapai target jumlah UMKM sebagai tulang punggung ekonomi.

Keyakinan Luhut itu didasari perkembangan jumlah UMKM pada Mei lalu yang sudah mencapai 1,9 juta. Jumlah itu setara 98 persen dari target 2 juta UMKM.

"Saat ini sudah lebih dari satu juta yang onboarding. Dengan tren seperti ini kita bisa mencapai tiga juta (UMKM, red) pada akhir tahun ini, artinya mencapai 150 persen dari target awal," kata Luhut dalam peluncuran kampanye Bangga Buatan Indonesia secara daring, Rabu (16/9).

Lebih lanjut Luhut mengatakan, keberhasilan tersebut tercapai berkat kolaborasi lintas instansi pemerintah, serta berbagai pemangku kepentingan dan ekosistem digital yang bebas tanpa batas birokrasi.

"Kita harus memupuk semangat positif di tengah kondisi yang sulit, dan bangsa besar adalah bangsa yang mampu melewati tantangan dengan semangat positif," tegas Luhut.

Mantan Dubes RI untuk Singaputa itu juga menegaskan tentang pentingnya kolaborasi dan sinergi program antarinstansi untuk mendorong pemulihan ekonomi di kuartal ketiga dan keempat tahun ini.

"Kolaborasi dan sinergitas untuk memberikan dukungan pada generasi muda untuk berinovasi dan berkreasi, agar Indonesia menjadi negara terdepan di kawasan Asia tenggara dalam produksi pernak-pernik yang unik berbasis riset dan teknologi," tegasnya.

Menteri perdagangan dan perindustriandi era Presiden KH Abdurrahman Wahid itu  juga berpesan agar produk kerajinan tangan buatan anak bangsa mampu menjadi tuan rumah dan dipajang di titik-titik strategis di berbagai pusat perbelanjaan.

loading...