Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak SBY Punya Pendapat soal RUU HIP, Tetapi Dia Simpan Agar Tak Makin Panas

Selasa, 23 Juni 2020 – 11:03 WIB
Pak SBY Punya Pendapat soal RUU HIP, Tetapi Dia Simpan Agar Tak Makin Panas - JPNN.COM
Susilo Bambang Yudhoyono, 2019. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara soal polemik Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), yang menjadi perhatian publik dalam dua pekan terakhir.

Perhatian terkait polemik RUU HIP disampaikan SBY melalui akun Twitter @SBYudhoyono, Selasa (23/6) pagi.

"Saya mengikuti hiruk-pikuk sosial dan politik seputar RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Saya juga sudah membaca dan mengkaji RUU tersebut. Tentu ada pendapat dan tanggapan saya. Namun, lebih baik saya simpan agar politik tak makin panas," tutur SBY lewat jemarinya.

Lewat postingan berikutnya, mantan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan era Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri itu mengingatkan agar bangsa ini lebih berhati-hati bila berpikir, berbicara dan merancang sesuatu yang bersinggungan dengan ideologi dan dasar negara itu.

"Kita harus sungguh berhati-hati jika berpikir, berbicara dan merancang sesuatu yang berkaitan dengan ideologi dan dasar negara Pancasila. Apalagi jika menyentuh pula kerangka dan sistem kehidupan bernegara. Kalau keliru, dampaknya sangat besar," lanjutnya.

SBY kemudian mengingatkan bahwa Pancasila sebagai ideologi bernegara harus diposisikan secara tepat dan benar. Dia juga tidak ingin persoalan ini menimbulkan perpecahan bangsa.

Pak SBY bilang, kasihan Pancasila, kasihan rakyat. Jangan ada perpecahan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close