Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Soal Buku "Jokowi Undercover"

Pak Tito Dinilai Pemimpin yang Unik

Rabu, 04 Januari 2017 – 19:15 WIB
Pak Tito Dinilai Pemimpin yang Unik - JPNN.COM
Tito Karnavian. Foto: JPNN

jpnn.com - JPNN.com - Direktur EmrusCorner Emrus Sihombing mengatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian pemimpin yang unik. Tito tidak hanya menguasai bidang Polri tapi juga sosok ilmuwan sejati yang menguasai betul filsafat ilmu.

Hal itu dikatakan Emrus menanggapi pernyataan Jenderal Tito yang menyebut penulis buku "Jokowi Undercover" Bambang Tri tidak punya kemampuan melakukan penelitian.

Emrus mengatakan, dengan argumentasi akademis, Tito mengemukakan penilaian dari aspek epistemologi (cara memperoleh ilmu dan atau pengetahuan).

"Menurut Pak Tito. Penulis buku "Jokowi Undercover", tidak punya kemampuan penelitian terkait dengan penulisan buku tersebut. Dengan kata lain, penulis buku tersebut belum menyajikan kualitas metodologi penelitian yang digunakan," kata Emrus, Rabu (4/1).

Padahal, lanjut Emrus, setiap penulisan buku yang berbasis pada data penelitian harus menyajikan data primer yang diperkuat dengan data sekunder.

Ketika membaca berbagai berita tentang buku "Jokowi Undercover", Emrus menduga perspektif yang digunakan penulis buku tersebut ketika melakukan penelitian, cenderung kualitatif.

Sebagai pendekatan kualitatif, kekuatan topangan data menjadi "tulang punggung" penelitian dan dalam sajian tulisan. Sedangkan teori, konsep dan logika peneliti hanya sebagai pengayaan, bukan utama.

"Artinya, data harus sedalam mungkin, komprehensif dan melalui proses pengujian keabsahan," katanya.

JPNN.com - Direktur EmrusCorner Emrus Sihombing mengatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian pemimpin yang unik. Tito tidak hanya menguasai bidang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close