Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakai Premium Boros 30 Persen

Selasa, 07 Desember 2010 – 08:16 WIB
Pakai Premium Boros 30 Persen - JPNN.COM
JAKARTA - Pemerintah mendorong masyarakat untuk segera beralih menggunakan bahan bakar minyak (BBM) non subsidi seperti Pertamax yang memiliki nilai oktan 91. BBM subsidi jenis premium yang ber oktan 88 saat ini dinilai tidak cocok untuk mobil keluaran anyar.

"Kalau mesin mobil baru itu spesifikasi sudah beroktan 91, kalau menggunakan premium yang oktannya 88 itu dampaknya tidak bagus. Justru akan lebih boros (volume konsumsi BBM-nya) sekitar 30 persen," ujar Dirjen Minyak dan Gas, Evita Herawati Legowo di gedung DPR kemarin. Oleh sebab itu, pemerintah menyarankan agar pemilik mobil baru menggunakan Pertamax.

Direktur Utama PT Indomobil, Gunadi Sindhuwinata mengaku heran banyak pemilik mobil baru yang masih menggunakan BBM jenis premium (bersubsidi), ketimbang Pertamax (non subsidi). Padahal, konsumsi premium justru akan membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal, boros, tidak bertenaga dan polusi. "Motor aja banyak yang sekarang pakai Pertamax," ketusnya.

Saat ini di pasaran pemerintah melalui Pertamina menyediakan dua jenis BBM yaitu Pertamax yang ber-oktan 91 dan premium yang ber-oktan 88. Jenis premium merupakan jenis BBM yang masih disubsidi pemerintah. Ada pula BBM yang memiliki oktan sangat tinggi mencapai 95, contohnya Pertamax Plus (Pertamina), Super Extra (Shell) atau Primax 95 (Petronas).

JAKARTA - Pemerintah mendorong masyarakat untuk segera beralih menggunakan bahan bakar minyak (BBM) non subsidi seperti Pertamax yang memiliki nilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close